Loading...

BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
Menteri BUMN Erick Thohir, Tertawa kencang? Ada cucu Garuda, Garuda Tauberes

Menteri BUMN Erick Thohir, Tertawa kencang? Ada cucu Garuda, Garuda Tauberes


Cucu PT Garuda, PT Garuda Tauberes Indonesia.
Menteri BUMN Erick Thohir: Ada cucu dari perusahaan Garuda yang namanya Garuda Tauberes Indonesia. Nggak tahu bergerak di bidang apa, (14/12/2019).

Jakarta, (MI) - Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan ada cucu usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang tak jelas bergerak di bidang apa. Nama cucu usaha itu ialah PT Garuda Tauberes Indonesia.

"Dan yang menarik kalau di situ ada juga yang mohon maaf menggelitik. Ada cucu dari perusahaan Garuda yang namanya Garuda Tauberes Indonesia. Nggak tahu bergerak di bidang apa," kata Erick Thohir di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Jumat (13/12).

Erick lantas tertawa kencang saat kembali menyebut nama cucu usaha Garuda Indonesia tersebut. "PT Garuda Tauberes Indonesia," ulang Erick sambil terbahak.

Erick mengatakan saat ini akan mempelajari mengenai aturan rangkap jabatan di BUMN. Selain itu, Erick juga mengatakan telah mengeluarkan aturan tentang pembentukan anak cucu usaha BUMN agar hal ini tak terulang.

"Saya mesti pelajari peraturan. Kalau yang Kepmen mengenai bahwa pembentukan anak cucu perusahaan itu harus ada review dari kami dengan alasannya itu sudah keluar Kepmen-nya," kata Erick.

Lalu, sebenarnya apa itu Garuda Tauberes Indonesia? Langsung klik halaman selanjutnya

Bikin Erick Thohir Tertawa, Ini Profil Garuda Tauberes Indonesia

Garuda Indonesia merilis cucu usahanya, PT Garuda Tauberes Indonesia pada 11 September 2019. Garuda Tauberes adalah aplikasi logistik digital yang diklaim menjadi yang pertama di Indonesia menghubungkan layanan kargo udara dengan agen pengiriman barang kepada masyarakat (end customers).

Aplikasi Tauberes merupakan platform e-commerce yang menyediakan jasa pemesanan logistik, baik itu untuk kurir, air cargo gateway dan payment yang dikembangkan oleh PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI). Di dalam aplikasi ini terdapat tiga fitur utama, yaitu kirim paket, kargo udara, dan belanja online.

Mengutip laman resmi perusahaan, GTI beralamat di Gedung Garuda Indonesia Gunung Sahari Jalan Gunung Sahari Raya No. 52 Jakarta 10610. Belum banyak informasi yang ditampilkan di laman resmi perseroan selain tiga fitur utama di atas untuk pengiriman barang. Dalam website resminya di tauberes.co.id, aplikasi ini tercatat masih dalam versi beta.

Keberadaan cucu Usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, yaitu PT Garuda Tauberes membuat Menteri BUMN Erick Thohir bertanya-tanya. Bagaimana tidak, cucu usaha itu tidak jelas bergerak di bidang usaha apa.

Terkait hal tersebut, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjomengatakan sedang mengkaji ulang semua anak usaha hingga cucu usaha Garuda. Kementerian BUMN tak segan menutup bisnis jika tidak produktif.

"Kita mau review semua, kalau misalnya anak perusahaan dan cucunya ada yang tidak produktif ya kita akan tutup lah ya, karena kita melihat terlalu banyak, ada cicit segala, tapi kita lagi review semua," kata pria yang akrab disapa Tiko itu di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat dilansir detikcom, Sabtu (14/12/2019).

"Yang core-nya paling GMF kemudian Aerowisata, tapi yang lain-lain yang tidak memberikan add value ada di cucu kita review semua," tambahnya.

Tiko sendiri belum tahu apakah anak cucu usaha Garuda itu memberikan keuntungan. "Saya belum lihat, baru mau lihat," ujarnya.
 

TERHANGAT