BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
Saksikan Fenomena Gerhana Matahari Cincin

Saksikan Fenomena Gerhana Matahari Cincin


Jakarta, (MI) – Masyarakat Indonesia bisa melihat Gerhana Matahari Cincin atau GMC pada Kamis, 26 Desember 2019. Fenomena langit ini bisa disaksikan di sejumlah wilayah di bagian barat Indonesia.

Untuk daerah yang bisa melihat peristiwa secara utuh adalah wilayah Sibolga (Sumatera Utara), Padang Sidempuan (Sumatera Barat), Duri (Riau), Batam dan Tanjung Pinang (Kepulauan Riau), Singkawang (Kalimantan Barat), dan Tanjung Selor (Kalimantan Utara). Sedangkan wilayah lain di Indonesia bisa menyaksikan Gerhana Matahari sebagian.

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, dalam keterangannya, Selasa, 24 Desember 2019 menjelaskan, di Wilayah Indonesia bagian Barat (WIB) peristiwa gerhana matahari cincin akan berlangsung dari pukul 10.22 WIB diawali dengan awal gerhana matahari sebagian. Lalu dilanjutkan dengan awal gerhana matahari cincin pada 12.16 WIB. 

Lalu pertengahan gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 12.17. Dilanjutkan dengan akhir gerhana matahari cincin pukul 12.19 dan 14.14 WIB untuk akhir gerhana matahari sebagian. Sedangkan di wilayah Jakarta sendiri gerhana matahari cincin bisa disaksikan mulai pukul 10.42 WIB hingga 14.23 WIB. 

Masyarakat diingatkan menggunakan alat pelindung mata khusus atau kacamata matahari saat mengamati atau memotret peristiwa tersebut.  Sementara bagi kaum Muslimin, lembaga Falakiyah mengingatkan fenomena langka ini perlu disambut dengan melakukan salat gerhana, zikir, kegiatan sosial, dan pengamatan gerhana serta kefalakiyahan lainnya, dilansir viva Kamis (26/12).

Masyarakat diingatkan menggunakan alat pelindung mata khusus atau kacamata matahari saat mengamati atau memotret peristiwa tersebut.  Sementara bagi kaum Muslimin, lembaga Falakiyah mengingatkan fenomena langka ini perlu disambut dengan melakukan salat gerhana, zikir, kegiatan sosial, dan pengamatan gerhana serta kefalakiyahan lainnya.
 

TERHANGAT