BNNP Gerebek Pabrik Narkoba di Bandung -->

Breaking news

Live
Loading...

BNNP Gerebek Pabrik Narkoba di Bandung

Monday 24 February 2020


Bandung (MI) - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggerebek pabrik pembuatan narkoba di Bandung. Sekitar dua juta pil ditemukan di pabrik tersebut. Pabrik yang beralamat di Jalan Cingised, Komplek Pemda Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung itu digerebek BNN yang dipimpin langsung Deputi Pemberantasan Irjen Pol Arman Depari pada Minggu (23/2).

"Kita mencurigai ini pabrik narkoba," ucap Irjen Pol Arman disela-sela penggeledahan.

Pabrik yang digerebek itu berada di empat rumah. Keempatnya saling tersambung. Menurut Irjen Pol  Arman, penggerebekan itu diawali dari kecurigaan personel BNN.

Petugas lantas melakukan penggerebekan. Dari hasil penggeledahan, petugas menemukan sejumlah barang bukti salah satunya 25 kotak berisi pil.

"Kita lihat sebagai hasil, sudah ada yang siap edar dan sudah dikemas dalam kotak yang terbungkus rapi. Ada 25 kotak yang totalnya berisi kurang lebih dua juta pil," kata Irjen Pol  Arman.

Irjen Pol Arman belum bisa memastikan pil jenis apa yang diproduksi pabrik tersebut. Pihaknya pun menerjunkan tim laboratorium untuk mengecek lebih lanjut pil yang diproduksi tersebut.

Selain menemukan jutaan pil, petugas juga menemukan dua buah alat atau mesin pencetak pil dan beberapa alat lain oven, alat pengaduk, alat pengering dan lainnya. Petugas juga mendapati ada bahan baku yang diduga untuk membuat pil tersebut.

"Kita temukan juga bahan baku baik yang padat berupa tepung atau powder dan kita temukan berupa cairan," kata Irjen Pol Arman.

Dalam penggerebekan ini, enam orang diamankan. Keenamnya diduga terlibat dalam proses produksi pil diduga narkotik itu. Bahkan, Arman bercerita saat petugas melakukan penggerebekan, dua orang tengah aktivitas pengemasan.

"Tadi ada dua orang yang sedang beraktivitas seperti mengepak barang," ujar Irjen Pol  Arman.

BNN belum menentukan status keenam orang tersebut. Pihaknya masih akan melakukan pendalaman sekaligus mengecek jenis pil yang diproduksi oleh pabrik rumahan itu.