Loading...

BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
Kemanunggalan TNI bersama rakyat merupakan realitas

Kemanunggalan TNI bersama rakyat merupakan realitas


Kemanunggalan TNI bersama rakyat merupakan realitas yang tak dinafikan lagi.

Cianjur (MI)- Tak hanya soal pembangunan fisik yang terus digenjot, namun juga sikap empati dan kepedulian sosial prajurit terhadap masyarakat.

Adalah Sertu Yusuf dan Serda Sartono, dua anggota TNI dari Kodim 0608/ Cianjur yang namanya mendadak viral setelah aksi mereka menandu seorang warga tersebar di lini masa.

Cerita bermula saat keduanya sedang terlibat dalam kegiatan pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2020 di Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Petang itu, Serda Sartono melihat seorang ibu yang baru turun dari kendaraan berjalan dipapah dan tertatih-tatih saat hendak pulang ke rumahnya.

Belakangan diketahui, ibu bernama Maesaroh (24), warga Kampung Cigedongan, Desa Mekarmulya itu baru saja melahirkan di rumah sakit. Kendaraan ambulan yang membawanya tidak bisa menjangkau rumahnya karena kondisi jalan yang berbatu dan licin penuh lumpur.
.
"Kondisi ibu itu sudah tidak kuat berjalan. Lalu saya dan rekan berinisiatif untuk membawanya dengan cara ditandu, memakai sebilah bambu dan kain sarung," kata Sartono. Sartono bersama Yusuf pun lantas berjalan sejauh 2 kilometer menyusuri jalan desa sambil menandu ibu tersebut.
.
"Akses jalan desa ini rusak, licin dan berbatu sehingga tidak bisa dilalui kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Karena itu, kita evakuasi dengan cara demikian (ditandu)," ujar dia.

Ternyata, momen tersebut diabadikan salah seorang warga dengan kamera ponselnya, dan kini tengah viral di jejaring sosial.

Sartono tak menyangka apa yang dilakukan bersama rekannya itu mengundang perhatian publik.
.
"Saat itu, kita berdua hanya inisiatif saja. Ada warga yang sedang kesulitan, kita terpanggil untuk membantunya," ucap Sartono.

Dandim 0608/Cianjur. Letkol (Inf) Rendra Dwi Ardhani mengatakan, apa yang dilakukan dua anggotanya itu patut diapresiasi. "Saat itu, dua anggota kami sedang melaksanakan pra TMMD. Kegiatan kita hentikan dulu untuk membantu ibu tersebut. Alhamdulilah, kondisinya saat ini sehat,".