Ketua MPR, Minta sepada motor bisa masuk jalan tol -->

Breaking news

Live
Loading...

Ketua MPR, Minta sepada motor bisa masuk jalan tol

Monday 24 February 2020


Jakarta (MI)- Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo kembali meminta pemerintah membuka jalan tol untuk pengendara sepeda motor. Hal tersebut diungkapkan Bamsoet di hadapan Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin setelah sebelumnya pernah mengungkapkan hal serupa tahun lalu.

Bamsoet mengatakan saran ini pemerintah perlu memerhatikan banyaknya pekerja di Jakarta yang tinggal di kota-kota pinggiran. Bamsoet menyebut kondisi demikian terjadi karena harga properti yang melonjak tinggi di ibu kota.

"Bikers adalah pengguna jalan seperti yang lainnya. Mereka juga bayar pajak. Ikut partisipasi melalui pajak rutin," ujarnya di Komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (23/2).

Bamsoet mengatakan sudah sepatutnya pengendara sepeda motor mendapatkan hak yang sama dengan pengguna jalan lainnya, seperti kendaraan beroda empat.

Ia pun menilai hal ini sebenarnya sudah cukup mendukung dalam ranah hukum. Menurutnya hal tersebut bisa didukung melalui Peraturan Pemerintah No 44 Tahun 2009 tentang Jalan Tol.

Pada Pasal 38 dalam PP tersebut, diatur bahwa '๐ฃ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐ญ๐จ๐ฅ ๐๐š๐ฉ๐š๐ญ ๐๐ข๐ฅ๐ž๐ง๐ ๐ค๐š๐ฉ๐ข ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง ๐ฃ๐š๐ฅ๐ฎ๐ซ ๐ฃ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐ญ๐จ๐ฅ ๐ค๐ก๐ฎ๐ฌ๐ฎ๐ฌ ๐›๐š๐ ๐ข ๐ค๐ž๐ง๐๐š๐ซ๐š๐š๐ง ๐›๐ž๐ซ๐ฆ๐จ๐ญ๐จ๐ซ ๐ซ๐จ๐๐š ๐๐ฎ๐š ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐ฌ๐ž๐œ๐š๐ซ๐š ๐Ÿ๐ข๐ฌ๐ข๐ค ๐ญ๐ž๐ซ๐ฉ๐ข๐ฌ๐š๐ก ๐๐š๐ซ๐ข ๐ฃ๐š๐ฅ๐ฎ๐ซ ๐ฃ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐ญ๐จ๐ฅ ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐ข๐ฉ๐ž๐ซ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค๐ค๐š๐ง ๐›๐š๐ ๐ข ๐ค๐ž๐ง๐๐š๐ซ๐š๐š๐ง ๐›๐ž๐ซ๐ฆ๐จ๐ญ๐จ๐ซ ๐ซ๐จ๐๐š ๐ž๐ฆ๐ฉ๐š๐ญ ๐š๐ญ๐š๐ฎ ๐ฅ๐ž๐›๐ข๐ก'.

Hal ini, kata Bamsoet, sudah berlaku di sejumlah jalan tol seperti di Suramadu yang menghubungkan Surabaya-Madura dan tol Mandara di Bali.

"Tapi motor gede saya imbau hanya boleh Sabtu dan Minggu. Selebihnya motor kecil, rakyat kita yang belum mampu beli kendaraan roda empat," ucapnya.

Pada tahun lalu, permintaan Bamsoet terkait hal ini belum diindahkan pemerintah. Menteri Perhubungan Budi Karya saat itu mengatakan pihaknya mesti menimbang potensi kecelakaan jika jalan tol dibuka untuk sepeda motor.