Mirip seragam Polisi, ini penampakan seragam baru Satpam; tunggu disahkan Kapolri -->

Breaking news

Live
Loading...

Mirip seragam Polisi, ini penampakan seragam baru Satpam; tunggu disahkan Kapolri

Friday 13 March 2020

Satu per satu para Satpam, pria dan wanita, berbaris naik ke atas panggung memperagakan seragam barunya.

Jakarta (MI)- Ada yang berbeda dengan Rapat Kerja Teknis Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2020 di Pusdik Sabhara Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Senin-Jumat, 9-13 Maret 2020.

Hal itu bukan karena batalnya kehadiran Kapolri sehingga diwakili oleh Wakapolri Komjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi, melainkan karena hadirnya personel Satuan Pengamanan (Satpam) yang mengenakan seragam baru mirip seragam polisi. 

Satu per satu para Satpam, pria dan wanita, berbaris naik ke atas panggung memperagakan seragam barunya, mulai dari seragam biasa, seragam berhijab, hingga setelan jas. Tak lupa, seragam itu juga dilengkapi dengan tanda pangkat.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, menjelaskan tampilan baru Satpam itu terinspirasi dari beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan Jepang. Di negara tersebut hadirnya Satpam dengan seragam mirip Polisi ternyata efektif mengurangi terjadinya tindak pidana (kejahatan).

“Banyaknya kejadian kejahatan adalah bukti kegagalan dalam menjalankan fungsi preemtif dan preventif yang diemban oleh Korbinmas Baharkam Polri dan jajaran,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Sementara, ia menegaskan, pembinaan Satpam oleh jajaran Korbinmas Baharkam Polri juga perlu terus ditingkatkan, baik secara regulasi maupun implementasi. “Banyak kreasi yang harus kita kerjakan untuk kamtibmas di negeri ini,” tegas Komjen Pol Agus Andrianto.

Rencanannya, konsep seragam Satpam baru tersebut mulai diberlakukan setelah selesainya penyusunan Peraturan Kepolisian (Perpol) yang akan disahkan oleh Kapolri.