Cegah penyebaran COVID-19, Disperindag kota Tangsel luncurkan Indag -->

Breaking news

Live
Loading...

Cegah penyebaran COVID-19, Disperindag kota Tangsel luncurkan Indag

Wednesday 29 April 2020


Aplikasi ini diluncurkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara penerapan physical distancing. 

Tangerang Selatan- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meluncurkan aplikasi Indag Tangsel yang merupakan singkatan dari info pedagang Tangsel. Aplikasi ini diluncurkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara penerapan physical distancing. 
Aplikasi ini menyediakan informasi kontak-kontak para pedagang di Tangsel, baik dari pedagang di pasar tradisional, pasar modern di wilayah pengembang, minimarket, supermarket atau ritel modern dan pedagang umum.

1. Aplikasi ini untuk mempermudah pembeli berbelanja dan sekaligus membantu penjualan pedagang
- Kepala Disperindag Tangsel Maya Mardiana mengatakan, aplikasi ini merupakan upaya pihaknya dalam membantu perekonomian pedagang dan mempermudah pembeli dalam memesan barang tanpa harus keluar rumah. "Di dalam aplikasi ini kami mencoba untuk mendekatkan pembeli dengan pedagang. Di dalamnya dari tukang gas sampai Indomaret. Dari pasar modern hingga pedagang tradisional," kata Maya kepada IDN Times, Selasa (28/4).

2. Ini tata cara transaksi melalui aplikasi ini
- Maya menerangkan, aplikasi ini merupakan program penyempurnaan dari upaya penjualan online yang sebelumnya memakai poster-poster berisi kontak-kontak para pedagang. "Kini kita sempurnakan menggunakan aplikasi, agar mempermudah masyarakat," kata Maya.

Kini masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitas ini bisa langsung mengunduh aplikasi ini di Google Playstore. "Untuk para pedagang yang mendaftar bisa mengetahui caranya dengan men-download aplikasi itu," kata maya.

Maya menerangkan, semua fasilitas tersebut diselenggarakan dengan gratis. Adapun tata cara pembelian melalui aplikasi tersebut; pertama unduh aplikasinya pilih barang yang dicari, pilih pedagang terdekat kemudian klik dan mulai bertransaksi.

3. Aplikasi akan terus disempurnakan
- Maya mengatakan, pihaknya akan terus berusaha menyempurnakan aplikasi ini. "Ini belum sempurna, tapi akan disempurnakan yang penting sekarang ada upaya untuk physical distancing," kata Maya. "Intinya dalam rangka PSBB agar kebutuhan pokok terpenuhi, ekonomi tetap jalan," tambahnya.