Tangsel, BIN gelar rapid test massal - MEDIA INVESTIGASI

Breaking

Home Top Ad

Loading...

Post Top Ad

Saturday, 16 May 2020

Tangsel, BIN gelar rapid test massal



565 orang yang menjalani rapid test (hari kedua).

Tangerang Selatan - Badan Intelijen Negara ( BIN) turut membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan dalam mendeteksi kasus Covid-19 dengan cara menggelar rapid test massal. Rapid test tersebut dilakukan di Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan pada 14 dan 15 Mei 2020.

Direktur 24 BIN, Brigadir Jenderal TNI Irwan Mulyana menjelaskan, sedikitnya ada 750 alat rapid test pada hari kedua yang disediakan.

BIN menambah alat rapid test di hari kedua karena banyaknya masyarakat di Tangsel yang mengikuti tes ini. "Terdapat 565 orang yang menjalani rapid test (hari kedua), di mana 29 orang dinyatakan reaktif untuk dilanjutkan melakukan swab test. " ujar Irwan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (15/5/2020).

Sementata Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengaku sangat terbantu dengan adanya rapid test masal yang digelar BIN selama dua hari. Hal tersebut dapat mendeteksi cepat masyarakat yang terpapar Covid-19 di Tangerang Selatan.

"Adanya rapid test ini tentu dapat membantu mempercepat penanganan Covid-19," katanya. Saat ini, total sudah ada sekitar 1.061 orang yang telah menjalani rapid test selama dua hari digelar.

Untuk hasil hari pertama, dari 496 orang mengikuti rapid test 16 orang berlanjut hingga swab dinyatakan positif Covid-19. Melalui Satuan Gugus Tugas Tangsel, 16 orang tersebut akan dibawa ke rumah sakit rujukan Covid-19 untuk mendapatkan penanganan. 

No comments: