Tangkap 3 orang penembak Muslim, apa motifnya -->

Breaking news

Live
Loading...

Tangkap 3 orang penembak Muslim, apa motifnya

Sunday 26 July 2020


Polda Sumsel Tangkap 3 Penembak Warga di Palembang, Motif Tagih Utang Sabu ke Keluarga.

Palembang - Tiga dari empat pelaku penembakan terhadap Muslim (40) di depan Musala Abadan, Palembang, Sumatera Selatan, ditangkap. Aksi brutal keempat pelaku ternyata karena utang narkoba.

"Atas kerja sama jajaran polsek dan Subdit Jatanras, pelaku penembakan di seputaran Musala Abadan bisa terungkap. Ada tiga ditangkap," kata Direktur Reskrimum Polda Sumsel Kombes Pol  Hisar Siallagan didampingi Kasubdit Jatanras Kompol Suryadi saat rilis di Mapolda, Sabtu (25/7/2020).

Dari ketiga pelaku, satu adalah eksekutor bernama Deni Afriadi, yang menembak korban hingga tewas. Sedangkan dua pelaku lain, Retno dan Mukroni, mengantar kedua pelaku pakai sepeda motor.

"DA ini eksekutornya, dia yang nembak korban. Kalau dua lagi, R dan M, ini ikut mengantar pakai motor ke lokasi. Satu pelaku lagi sedang kami kejar," imbuh Hisar.

Ketiga pelaku ditangkap di rumahnya masing-masing di kawasan 35 Ilir, Kota Palembang, dini hari tadi. Penangkapan dipimpin langsung Kanit I Jatanras Kompol Antoni Adhi dan Iptu Najamudin.

"Motifnya utang. Korban menagih utang kepada keluarga salah satu pelaku Rp 30 juta. Itu utang narkoba dan pelaku DA sebagai adiknya nggak terima," kata Kombes Pol Hisar.

Mendapat kabar korban menghadang dan menagih utang kepada keluarganya, pelaku Deni dan Arfani (DPO) emosional. Deni nekat mengajak Arfani dan dua rekannya mencari korban.

"Korban dicari para pelaku dan saat itulah terjadi pengeroyokan dan penembakan. Setelah melihat korban meninggal, mereka kabur dan kami tangkap dini hari tadi," kata Kombes Pol Hisar.

Di hadapan polisi, Deni mengaku sengaja membawa senjata api untuk menghabisi korban. Senjata api dibeli Rp 3 juta dan dikuasainya sejak beberapa tahun silam.

"Senjata itu sudah lama sama aku, baru sekali itulah dipakai. Kami juga sebelum cari korban sempat pakai sabu," katanya.

Diketahui penembakan itu terjadi pada Rabu (22/7/2020) siang di kawasan 1 Ilir, Ilir Timur II, Palembang. Seorang warga bernama Muslim (40) tewas dengan luka tembak dan bacok.

"Kami tadi lihat ada dua orang datang dan langsung menyerang korban. Langsung di situ korban dibacok dan ditembak," terang saksi, YD, di lokasi.