Kota terdingin di Indonesia, ada di Puncak Jaya -->

Breaking news

Live
Loading...

Kota terdingin di Indonesia, ada di Puncak Jaya

Sunday 13 September 2020


Distrik Mulia memiliki jumlah penduduk mencapai 24.649 jiwa, dengan luas wilayah 883 km2, (13/9).

Puncak Jaya - Distrik Mulia, kota yang menjadi bagian dari Kabupaten Puncak Jaya, Papua ini berada pada ketinggian 2.448 mdpl  menjadi kota paling dingin di Indonesia. 

Distrik Mulia memiliki jumlah penduduk mencapai 24.649 jiwa, dengan luas wilayah 883 km2.

Pada malam hari, suhu di kota ini mencapai 9 derajat celcius. Bahkan, karena jaraknya tidak begitu jauh dari Pegunungan Jaya Wijaya, membuat suhu udara di wilayah ini bisa turun hingga mencapai titik beku. Selain itu, untuk curah hujan di kawasan Kabupaten Puncak Jaya Wijaya menurut data dari Badan Meteorologi dan Geofisika terjadi hampir sepanjang tahun.

Untuk bisa ke Distrik Mulia, dapat ditempuh selama satu jam dari kota Jayapura menggunakan pesawat kecil jenis Caravan yang hanya memuat sembilan penumpang.Karena Distrik Mulia berada di lembah gunung, maka pesawat harus melewati sela-sela gunung sesaat sebelum mendarat.

Selain itu, bisa juga menggunakan jalur darat untuk menuju Distrik Mulia dengan jarak tempuh selama 16 jam. Tantangannya, perjalanan jalur darat ini harus melewati jalan berupa tanah dan bebatuan. Bahkan, melewati pegunungan yang berbukit dengan jurang curam di sisi kiri dan kanan.