BREAKING NEWS

  DESKRIPSI GAMBAR
Masyarakat Keruak keluhkan Agen BRI Link nakal toko bangunan dan counter hp berkedok E Warung

Masyarakat Keruak keluhkan Agen BRI Link nakal toko bangunan dan counter hp berkedok E Warung


Lombok Timur- Miris, ditengah dampak pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia, masih ada saja oknum dan orang-orang tidak bertangung jawab mengambil kesempatan dan keuntungan dari situasi saat ini.

Hal itu mengindikasikan, program bantuan pemerintah bagi terdampak COVID-19 sangat rentan dan banyak ruang penyalahgunaan  aturan   dan  juknis  oleh oknum tertentu. Seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) reguler melalui Bank  BRI  dan perluasan Program Sembako tahun 2020 oleh Bank BRI  di Kabupaten lombok timur  propinsi NTB , faktanya penyalurannya diduga tidak sesuai dengan Pedoman Umum (Pedum) Bantuan Sembako 2020 dari Kementerian Sosial RI.

Konter hp yang menjadi agen BRI Link E warung.

Salah satunya yang terjadi di Kecamatan  Keruak  agen e-Warong bank BRI yang  terlibat sebagai penyalur  ewarung  merupakan toko bangunan dan counter hp bahkan yang jadi koordinator e warungnya  counter hp bukan  toko sembako seperti yang di perintahkan dalam pedoman penyaluran  BPNT dan ini seolah olah terkesan di paksakan sebagai penyalur  ucap warga yang tidak mau di sebutkan namanya  dan mereka dipaksa mengambil paket sembako dari salah satu  agen e warung yang hanya menjual hp dan perlengkapan hp demikia. Juga toko bangunan warga di paksa ngambil paket pada agen tersebut padahal mereka menjual peralatan bangunan dan alat alat pertukangan lainnya akunya.

Dalam Pedoman Umum Sembako 2020 diantaranya E-Warong haruslah toko sembako yang menyediakan berbagai bahan pangan  dan dapat bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memastikan harga, kualitas dan jumlah pasokan bahan pangan terjamin serta memenuhi prinsip program. Sedangkan untuk KPM berhak menentukan jenis dan jumlah bahan  di pangan yang akan dibeli dengan dana bantuan program sembako dan KPM berhak memilih e-Warong terdekat. 

Toko bangunan yang jadi agen BRI Link E Warung.

Pedum Bantuan Pangan atau BPNT terindikasi dibuat mandul oleh oknum-oknum yang punya kepentingan, karena kurangnya edukasi dan sosialisasi kepada KPM, agen e-warong dan masyarakat pada umumnya.

Tim Koordinasi Bansos Pangan  Kabupaten lombok timur dan Tim Koordinasi Bansos Pangan Kecamatan keruak  seharusnya segera mengambil langkah-langkah untuk pembenahan carut-marutnya penyaluran program bantuan sembako yang jelas-jelas melanggar Pedum Program Bantuan Sembako 2020 di Kecamatan keruak , yang berdampak merugikan KPM

Sementara di lain pihak ketika awak media ini mengkonfirmasi petugas TKSK kecamatan keruak  ( Mawardi )via telpon selulernya 11 /09/2020 dirinya mengatakan bahwa agen - agen ini sudah sering kali kita peringati  bahkan hasil monef kemarin mereka di salahkan  mereka di minta  beralih usaha supaya membuka  toko sembako kalo begini kan tidak logika katanya masa toko bangunan dan counter hp yang jualan sembako trus kalo nggk ada salah satu aitem yang ada di sana  KPM mau ambil apa ayok masa mau ambil cas hp katanya (Mat)
 

TERHANGAT