Sejumlah ruas jalan dari kecamatan Lotu-Lahewa dilanda banjir - MEDIA INVESTIGASI

Breaking

Home Top Ad

Loading...

Post Top Ad

Saturday, 21 November 2020

Sejumlah ruas jalan dari kecamatan Lotu-Lahewa dilanda banjir



Nias Utara, -Akibat diguyur hujan deras beberapa hari sejumlah ruas jalan dari Kecamatan Lotu, Lahewa, Afulu di Nias Utara dilanda banjir di beberapa lokasi.

Sehingga masyarakat yang hilir mudik mengalami kendala, bahkan banyak yang mengurungkan niat dan memilih pulang ke rumahnya, beberapa lokasi titik banjir kali ini menggenang di wilayah Desa Lauru I Afulu Kec. Afulu, Desa Lasara, Siheneasi, Kec. Lahewa, Desa TefaƵ, Lahewa Timur dan juga daerah Humanga Kecamatan Lotu, Sabtu (21/11/2020). 

Informasi yang dihimpun awak media kepada beberapa warga mengatakan banjir  yang sempat masuk dalam rumahnya baru sekali ini terjadi banjirnya besar sampai tergenang di mana-mana,dari pantauan awak media kelihatan puluhan warga sibuk menyelamatkan barang-barang mereka ke tempat yang tidak dijangkau banjir. 

Dilokasi banjir lainya di Humanga wilayah Desa Hilidunda Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara memiliki debet air banjir yang cukup deras.

Humanga wilayah Desa Hilidundra Kecamatan Lotu termasuk wilayah yang sering dilanda banjir disaat musim hujan tiba, sehingga banyak pengendara yang terjebak di titik lokasi tersebut akibat tingginya banjir dan memilih untuk berbalik arah, membayar orang untuk menyeberangkan sepeda motornya, dan ada juga yang menunggu sampai banjir surut. 

Salah seorang pengendara sepeda motor
A.perhatikan Zalukhu yang hendak ke Gunungsitoli berada di lokasi banjir tersebut berharap kepeda Pemerintah pusat, Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Nias Utara agar mencari solusi banjir yang sering terjadi ini. 

"Iya mestinya banjir di beberapa lokasi di Nias Utara yang sering terjadi beberapa tahun terakhir ini, lebih-lebih di HUMNGA ini baiknya Pemda mencari solusi dan menjadikan peroritas yang utama dalam pembahasan anggaran kedepan, Lebih kita bersyukur seandainya di muat dalam Visi Misinya sebagai Calon kepala Daerah Nias Utara yang sebentar lagi" Cetus nya (WTZ).

No comments: