Galaxy A21s, Kameranya bisa di andalkan

Advertisement

Galaxy A21s, Kameranya bisa di andalkan

: Tim Media Investigasi
Sunday, 3 January 2021




"Secara desain tidak ada perbedaan. Hanya tampilan bagian belakangnya saja yang baru".


Jakarta- Sejatinya Galaxy A21s sudah dirilis pertengahan 2020. Namun November lalu, Samsung memperbaruinya dengan sokongan storage yang lebih besar. Selain itu vendor asal Korea Selatan ini memberikan varian warna baru. Tapi akan dengan pembaruan yang diberikan tetap menggoda?

Berikut review singkat Galaxy A21s:

Desain
Secara desain tidak ada perbedaan. Hanya tampilan bagian belakangnya saja yang baru.

Galaxy A21s yang dirilis November berwarna silver. Samsung memberikan motif simetris yang ketika tertimpa cahaya akan memberikan efek yang menarik.

Kendati bagian belakangnya menggunakan material plastik, tidak memberikan kesan murahan. Malah sebaliknya Samsung berhasil membuat Galaxy A21s ini lebih elegan.

Kala digenggam Galaxy A21s terasa nyaman. Tidak saja karena body yang lumayan ramping, bobotnya pun terbilang ringan.

Mengacu pada informasi spesifikasi, dimensi ponsel ini 163.7 x 75.3 x 8.9 mm, sementara beratnya 192 gram.

Samsung masih menyertakan port jack audio 3,5 mm yang posisinya berada di bagian bawah menemani port USB Type C dan speaker. Di sisi samping kanannya terdapat tombol power dan pengaturan volume, sementara di sisi kirinya terdapat slot dual SIM card dan microSD. Bagian belakangnya terdapat sensor fingerprint yang cukup cepat mengenali jari.

Layar
Galaxy A21s mengadopsi punch hole di sudut kiri atas. Kendati lubang kameranya tidak begitu kecil, tapi tetap memberikan kesan lega. Sayangnya bezel yang lumayan tebal membuat rasio screen to body 82,8%.

Layar ponsel ini sendiri berukuran 6,5 inch dengan resolusi HD+. Samsung menggunakan panel PLS (Plane to Line Switching) TFT LCD yang konon lebih apik ketimbang IPS.

Memang sajian warnanya tidak semenakjubkan layar Super AMOLED yang kerap kita temui di seri ponsel Samsung lainnya. Pun begitu kualitas layar Galaxy A21s tak lantas mengecewakan.

Untuk bermain game maupun menonton streaming video tetap nyaman dipandang. Hanya saja terkadang gambar terasa kurang tajam. Saat berada di bawah terik matahari layar tak begitu terang.

Selanjutnya Kamera dan Performa

Kamera
Kamera menjadi sektor yang diunggulkan Galaxy A21s. Empat kamera disematkan di bagian belakang.

Komposisinya secara berurut ada depth sensor 2 megapixel, kamera utama 48 megapixel, lensa ultra-wide 8 megapixel dan makro 2 megapixel. Samsung turut menyertakan lampu LED flash.

Saat dijajal, saya di kondisi terang hasil jepretan memuaskan. Demikian pula saat menggunakan mode ultra-wide, bokeh maupun makro.

Sayangnya kamera Galaxy A21s kedodoran saat memotret di indoor, lebih-lebih saat malam hari di kondisi cahaya yang kurang. Semoga saja Samsung memberikan update night mode pada ponsel ini sehingga bisa sedikit menolong.

Performa
Samsung mentenagai Galaxy A21s dengan Exynos 850 dipadukan dengan RAM 6 GB. Perpaduan tersebut menyuguhkan performa lancar saat menjalankan multitasking. Saat bermain Call of Duty (COD) Mobile dengan settingan default (kualitas grafis rendah dan frame rate medium), game berjalan mulus.

Kami coba menaikan settingan grafis ke medium dengan frame rate tinggi, Galaxy A21s terlihat keteteran. Layar terkadang kurang responsif dan beberapa kali game COD Mobile harus dimatikan paksa.

Sepertinya Galaxy A21s ini diperuntukkan untuk memainkan game ringan. Agar lebih afdol kami melakukan benchmark dengan sejumlah aplikasi, terlihat adanya peningkatan dari pendahulunya Galaxy A20s

Catatan skor benchmark Galaxy A20s:

- PCMark: 4609

- Antutu: 87300

- Geekbench Single Core: 142

- Geekbench Multi Core: 890

Baterai
Dengan kapasitas 5.000 mAh menyokong penggunaan Galaxy A21s seharian penuh. Kami pun coba mengujikan kemampuan baterainya dengan uji PC Mark Work 2.0 Battery Life, hasilnya pun cukup panjang, yakni 15 jam 34 menit.

Samsung membekali pengisian cepat 15W, butuh waktu dua jam lebih untuk membuat baterai penuh kembali.

Galaxy A21s membawa sedikit peningkatan dibanding pendahulunya. Kamera yang diunggulkan ponsel ini memang bisa diandalkan untuk memotret dengan kondisi cahaya melimpah.

Semoga saja Samsung memberikan update Night Mode untuk ponsel ini sehingga hasil jepretan di malam hari menjadi sedikit lebih baik.

Ponsel ini tidak cocok untuk memainkan game berat. Tapi untuk kegiatan belajar online atau untuk menjalankan bisnis online rasanya memadai.

Layarnya bikin lapang mata memandang. Baterainya pun berkapasitas besar dan irit sehingga tidak bolak-balik isi ulang. Tentu saja memori internalnya pun lega untuk menyimpan berbagai foto atau dokumen keperluan sekolah, kuliah ataupun bisnis, dilansir detikcom.

Galaxy A21s versi terbaru telah dijual dengan harga Rp 3 jutaan.