Gempa Magnitudo Guncang Kabupaten Majene -->

Breaking news

Live
Loading...

Gempa Magnitudo Guncang Kabupaten Majene

Friday 15 January 2021



Sejumlah bangunan dan fasilitas umum di wilayah tersebut rusak. 

Majene - Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,2 yang mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), membuat sejumlah bangunan dan fasilitas umum di wilayah tersebut rusak. Laporan terkini, akses jalan hingga puskesmas di Majene rusak.

"BPBD Majene menginformasikan longsor 3 titik sepanjang jalan poros Majene-Mamuju (akses jalan terputus), sebanyak 62 unit rumah rusak (data sementara), 1 unit puskesmas (RB), dan 1 kantor Danramil Malunda (RB)," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr Raditya Jati dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021).

Saat ini BPBD Majene masih berfokus pada penanganan darurat pascagempa, seperti menolong korban luka, evakuasi korban terdampak gempa, hingga mendirikan posko pengungsian, dilansir detikcom.

"Kebutuhan mendesak saat ini berupa sembako, selimut dan tikar, tenda keluarga, pelayanan medis, dan terpal," katanya.

BPBD Majene juga melaporkan, gempa dengan kekuatan M 6,2 tersebut terasa kuat selama 5-7 detik.

"Gempa yang berpusat 6 km timur laut Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), membuat para warga panik. Kepanikan membuat mereka keluar rumah. Laporan yang diterima Pusat Pengendali Operasi BNPB pada dini hari tadi menyebutkan masyarakat masih berada di luar rumah mengantisipasi gempa susulan," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa bumi kembali terjadi di Majene, dengan kekuatan M 6,2. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Menurut BMKG, gempa terjadi pada Jumat (15/1) pukul 01.28 WIB.

Lokasi gempa ada di koordinat 2,98 lintang selatan dan 118,94 bujur timur. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer.