Musim Penghujan, Awas Flu! Usir Dengan Menkonsumsi ini, -->

Breaking news

News
Loading...

Musim Penghujan, Awas Flu! Usir Dengan Menkonsumsi ini,

Thursday, 21 January 2021

Doc ilustrasi hujan


Jakarta - Saat musim hujan seperti sekarang, salah satu penyakit yang biasanya muncul adalah flu. Flu disebabkan oleh rhinovirus yang bisa ditularkan antar manusia.


Gejalanya meliputi hidung berair, sakit tenggorokan, batuk, bersin, hidung tersumbat, sakit kepala ringan, dan lemas. Sebagai alternatif, ada banyak pengobatan rumahan yang dapat meringankan gejala flu, dan sangat mudah ditemukan.


Dikutip dari Healthline, berikut delapan bahan rumahan yang ampuh mengusir flu, dilansir detikHealth.



1. Jahe

Jahe dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa irisan jahe mentah yang dimasukkan ke dalam air mendidih lalu diminum, dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa mengurangi rasa mual yang menyertai influenza.


2. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Minum madu dengan teh dan lemon dapat meredakan sakit tenggorokan, pilek serta batuk.


Penelitian menemukan bahwa memberi anak-anak 10 gram madu sebelum tidur dapat mengurangi gejala batuk, dan membuat tidur lebih nyenyak. Namun, hindari memberikan madu kepada anak di bawah usia satu tahun.


3. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin memiliki sifat antimikroba. Menambahkan bawang putih ke dalam makanan dapat mengurangi gejala flu. Penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mencegah penyakit.


4. Vitamin C

Vitamin C seperti jeruk nipis, jeruk bali, sayuran hijau, dan lemon merupakan makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh dan meredakan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Menambahkan lemon segar ke teh panas dengan madu dapat mengurangi dahak.


5. Makanan berprobiotik

Probiotik merupakan adalah bakteri baik untuk tubuh. Makanan dengan probiotik dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.


Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi risiko sakit karena infeksi saluran pernapasan bagian atas. Sumber probiotik yang lezat dan bergizi, salah satunya adalah yoghurt.


6. Sup ayam

Sup ayam merupakan pilihan yang tepat ketika memiliki gejala flu dan batuk. Penelitian menunjukkan bahwa semangkuk sup ayam dengan sayuran, dapat memperlambat pergerakan neutrofil atau jenis sel darah putih di tubuh yang membantu melindunginya dari infeksi.


Studi itu pun menemukan bahwa sup ayam efektif mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas. Makanan ini rendah natrium, dan memiliki nilai gizi yang tinggi untuk membantu tetap terhidrasi.


7. Kencur

Kencur dapat dikonsumsi untuk mengurangi gejala flu. Kandungan di dalam kencur dapat menghangatkan, menghilangkan rasa sakit, memudahkan pengeluaran air dari tubuh, dan membantu mengencerkan dahak.


8. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang berkhasiat sebagai anti peradangan, memecah lendir, dan mengeluarkannya dari tubuh. Nanas dapat dikonsumsi secara langsung setelah dikupas dan dicuci bersih. Namun, nanas tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah dan antibiotik tertentu.