Pangandaran, Bergetar Ringan Gempa Bumi M 4,7

Breaking news

News
Loading...

mgid

adsense

Pangandaran, Bergetar Ringan Gempa Bumi M 4,7

: Tim Media-INVESTIGASI.COM
Friday, 15 January 2021

Doc. ilustrasi


Gempa tersebut berada di laut 88 kilometer tenggara Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 57 Km. Getaran gempa dirasakan ringan di Pangandaran, Tasikmalaya, Cisompet, Ciamis, Banjar dan Garut.


Pangandaran - Gempa bumi mengguncang wilayah laut tenggara Kabupaten Pangandaran pada Jumat (15/1/2021) pukul 21.17 WIB. Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa tersebut berkekuatan magnitudo (M) 4,7.


Dalam laman Twitter-nya BMKG menulis gempa tersebut berada di laut 88 kilometer tenggara Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 57 Km. Getaran gempa dirasakan ringan di Pangandaran, Tasikmalaya, Cisompet, Ciamis, Banjar dan Garut.


Hingga berita ini diturunkan, BMKG, belum mendapatkan laporan adanya kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.


"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia," ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugrohi dalam keterangan resminya, dilansir detikcom.


Dari hasil pemantauan belum ada gempa susulan. Kendati begitu, BMKG mengimbau agar warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dipertanggungjawabkan kebenaranya.


Seorang warga Cinta Karya kecamatan Parigi Ridwan (40) menuturkan, getaran gempa terasa sekitar 5 detik kurang  lebih, disekitar tempat tinggalnya tidak ada dampak akibat getaran gempa tersebut.


"Getaran terasa tapi beberapa detik dan tidak ada terlihat dampak apa-apa mungkin karena masyarakat disini sudah terbiasa dengan getaran gempa ya" katanya.