Pesawat Sriwijaya hilang kontak, TNI Bantu misi SAR -->

Breaking news

Live
Loading...

Pesawat Sriwijaya hilang kontak, TNI Bantu misi SAR

Sunday 10 January 2021



Sriwijaya SJ-182 Lost Contact, 
TNI AU Siapkan Pesawat Helikopter dan Fix Wing.


Jakarta - Merespon hilang kontak pesawat Sriwijaya SJ-182 rute Jakarta - Pontianak, sesuai instruksi Panglima TNI dan permintaan dari BNPP/Basarnas, TNI AU telah menyiagakan helikopter dan pesawat fix wing serta personel untuk mendukung operasi pencarian dan pertolongan (Search and Rescue - SAR).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., mengatakan armada udara di Lanud Halim Perdanakusuma dan armada TNI AL juga sudah disiapkan untuk membantu misi SAR.

Armada TNI AU meliputi Helikoter Super Puma NAS-332  Skadron Udara 6 dan EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor, serta personel SAR dari Korpaskhas telah disiagakan.

Selain helikopter, TNI AU juga menyiapkan pesawat fix wing Boeing 737 Intai Maritim Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanudin Makassar dan CN-295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Sesuai instruksi Panglima TNI, dalam misi SAR, semua armada akan digerakan hingga misi selesai. Pergerakan pesawat CN-295 dari Lanud Halim menuju sasaran dan kembali Halim.  Untuk helikopter,  pergerakan dari Lanud  Atang Sendjaja Bogor - Halim - Sasaran - Halim - dan kembali ke Lanud Atang Sendjaja Bogor.

Untuk pesawat boeing 737 akan bergerak dari Lanud Halim - sasaran - Halim dan kembali ke Lanud Sultan Hasanudin Makassar. Kegiatan SAR juga didukung oleh personel Paskhas dan personel Dissurpotrudau.

Dalam misi SAR,  ditetapkan Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dan Supadio Pontianak serta Bandara Sukarno Hatta sebagai Posko. Keseluruhan operasi SAR dibawah koordinasi BNPP/Basarnas.