PKH Akan cair, cek tanggal nya -->

Breaking news

Live
Loading...

PKH Akan cair, cek tanggal nya

Sunday 3 January 2021


"Dana akan diberikan mulai bulan Januari, selama tiap 3 bulan sekali. Tahap pertama Januari, tahap kedua bulan April, tahap ketiga bulan Juli, dan tahap keempat bulan Oktober".


Jakarta - Program keluarga harapan (PKH) 2021 adalah salah satu program bansos yang diberikan pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebutkan dana PKH 2021 akan cair pada 4 Januari 2021.

Penyalurannya akan dilakukan oleh bank himbara (himpunan bank-bank pemerintah).
Menurut Risma, penggunaan dana PKH 2021 adalah untuk ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lanjut usia.

Dana akan diberikan mulai bulan Januari, selama tiap 3 bulan sekali. Tahap pertama Januari, tahap kedua bulan April, tahap ketiga bulan Juli, dan tahap keempat bulan Oktober.

Sementara itu, Bantuan Sosial Tunai (BST) ditargetkan akan diterima oleh 10 juta penerima manfaat di seluruh Indonesia. 

Termasuk dari Jabodetabek yang penyalurannya akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Indeks bantuan per bulannya yakni Rp 300 ribu per penerima manfaat yang akan diberikan selama empat bulan dari Januari sampai April.

"PT Pos akan menyalurkannya kurang lebih mulai tanggal 4 Januari. Kita berharap satu minggu itu bisa kelar di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus seperti di Papua yang mungkin mekanismenya sangat berbeda," ujar Risma saat jumpa pers secara virtual di Kantor Presiden, Selasa (29/12/2020) lalu.

Bahkan Risma menegaskan, pihaknya akan membuat edaran dan memantau penggunaan bansos tersebut.

"Kami akan pantau karena insyaallah bulan Februari kami sudah akan menyiapkan tools/alat untuk kami akan mengetahui uang itu dibelanjakan untuk apa saja," tegasnya.

Risma juga mengingatkan agar dana bansos tidak digunakan untuk pembelian rokok. Jika terjadi, maka pihaknya akan melakukan evaluasi untuk penerima bantuan.

"Instruksi Bapak Presiden adalah tidak ada penggunaan untuk pembelian rokok. Sekali lagi, jangan sampai bantuan ini untuk kesehatan namun kemudian ada masalah karena digunakan untuk (membeli) rokok," katanya.