Polda NTB Terjunkan 900 Personil Amankan Malam Tahun Baru -->

Breaking news

Live
Loading...

Polda NTB Terjunkan 900 Personil Amankan Malam Tahun Baru

Friday 1 January 2021



Mataram - Mengawali kegiatan patroli berskala besar di malam pergantian tahun untuk tahun 2020 menuju tahun 2021, Kepolisian Daerah Nusa  Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar apal persiapan Pengamanan ( PAM ) malam tahun baru di lapangan Gajahmada Polda NTB , Mako Polda NTB, kota Mataram, Kamis (31/12/2020), yang dimulai sekitar pukul 17.00 wita.

Sesuai maklumat Kapolri bahwa malam tahun baru masyarakat tidak di ijinkan menggelar acara yang dapat mengundang kerumunan masa.

Patroli bersekala besar yang digelar Polda NTB di malam pergantian tahun kali ini, berdasarkan Hasil rapat koordinasi pihak Polda NTB bersama Porkopimda lainnya beberapa waktu lalu, guna mengamankan tahun baru dari kasus Curat Curas Curanmor ( 3C ) dan menekan penyebaran covid-19 di NTB agar tidak timbul claster baru covid-19 di NTB.

Untuk itu Polda NTB mengadakan patroli gabungan berskala besar guna mengantisipasi kerumunan masa dan tindak kejahatan di malam pergantian tahun ini.

Patroli gabungan berskala besar gelaran Polda NTB diakhir tahun 2020 ini, melibatkan lebih dari 900 personil gabungan dari TNI-Polri, Satpol-PP, BPBD, Damkar, Dishub, Dikes NTB dan RS Bhayangkara Polda NTB, yang di tugas kan dalam Oprasi lilin dan oprasi penebalan yang disebar ditempat tempat yang berpotensi mengundang keramaian seperti tempat wisata, hotel, cafe dan lain sebagainya.

Pergantian tahun kali ini memang mengalami dilema sebab masih berada di tengah mewabahnya virus Civid-19.

"tahun baru kali ini masih dalam masa vandemi Covid-19 itu sebabnya pihak kepolisian Polda NTB menggelar patroli berskala besar," jelas Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni S.I.K M.H usai apel persiapan PAM di Lapangan Gajah Mada, Polda NTB, Kamis (31/12/2020)


Apel tersebut dipimpin langsung Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni S.I.K M.H di ikuti personil gabungan dari TNI-Polri, Satpol-PP, Damkar, Dishub, Dikes NTB dan RS Bhayangkara Polda NTB sebanyak 407 pers terdiri dari 30 personil dari korem 162/WB, Pol PP 30 personil, BPBD.  8 personil, tim kesehatan standby di puskesmas, Polri Satgas Aman Nusa 57 orang, Ops lilin 140 orang penebalan ke Polres Lobar dan Polresta Mataram 140 orang.

Patroli gabubungan ini akan menyasar tempat tempat yang mempunyai potensi kerumunan massa di seluruh wilayah Kota Mataram dan Lombok Barat.

Karo Ops menjelaskan kegiatan ini dilakukan juga di seluruh Polres Jajaran Polda NTB, dengan mekanisme dan penindakan yang sama.

Dijelaskan bahwa masyarakat diperbolehkan berada diluar rumah maksimal pukul 21.00 wita selebihnya apabila petugas mendapati mereka tengah berkerumun di semua temapat yang ada, maka petugas patroli akan berhenti disitu dan akan melakukan penindakan secara humanis dan memberikan berbagai himbauan.

"Tidak ada ijin untuk melakukan kegiatan di malam tahun baru setelah pukul 21.00 wita petugas kami akan langsung memberikan himbauan dan penindakan," jelasnya.

Jenis penindakan yang akan di lakukan di lapangan dalam operasi ini antara lain, memberi himbaun secara humanis, memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti tidak menggunakan masker dan yang lainnya sesuai dengan perda no 7 tahun 2020.

Dia berharap semua personel melaksanakan kegiatan dengan sebaik mungkin, guna mengamankan masyarakat NTB tidak tertular Covid-19

Terkahir dia menghimbau masyarakat yang berniat keluar rumah agar mengurungkan niatnya, sebab Covid-19 masih mewabah di NTB, buktinya angka pasien covid-19 di NTB kembali naik.

"warga NTB yang hendak kelauar merayakan tahun baru lebih baik di rumah saja,"pungkasnya.

Selanjutnya Pukul 19.00 Polda NTB kembali gelar apel pelepasan personil patroli gabungan yang akan bertugas di malam tahun baru ini.