Sebagian warga Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, kembali ke rumah -->

Breaking news

Live
Loading...

Sebagian warga Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, kembali ke rumah

Thursday 28 January 2021



Mereka yang mengungsi kembali ke rumah masing-masing dan membangun tenda di depan rumah. 

Majene - Sebagian warga Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), telah kembali ke rumah setelah sempat mengungsi secara tersebar. Hal tersebut berdasarkan laporan tim reaksi cepat (TRC) BNPB yang diterjunkan dengan menggunakan helikopter pada Senin lalu (25/1).

TRC BNPB melaporkan bahwa mereka yang mengungsi kembali ke rumah masing-masing dan membangun tenda di depan rumah. Masyarakat sudah tidak lagi mengalami kepanikan seperti saat gempa M6,2 terjadi pada Jumat, 15 Januari 2021, dini hari.

Saat berada di kecamatan itu, TRC melakukan penilaian di lapangan khususnya warga rentan yang masih berada di pengungsian. Data saat itu tercatat sebanyak 327 KK atau 1.273 jiwa berasal dari Desa Kalobang. Dari jumlah yang ada, di antaranya balita 210 jiwa, lanjut usia berjumlah 50 dan bayi 60.

Merespons kaji cepat kebutuhan yang dilakukan TRC BNPB, hari ini (27/1) helikopter mendistribusikan bantuan ke beberapa desa, salah satunya di Desa Kalobang, Kecamatan Ulumanda. Bantuan yang didistribusikan antara lain berupa beras, mi instan, gula, biskuit, air mineral, masker dan popok. 

Namun kendala yang masih dihadapi pelyanan kesehatan kepada warga yang mengungsi, khususnya 6 dusun, di wilayah Kecamatan Ulumanda. Tim telah berkoordinasi dengan sukarelawan medis yang bekerja di Desa Tandeallo mengenai kebutuhan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, hingga sore tadi (27/1), sejumlah helikopter yang dioperasikan BNPB dengan dukungan TNI AU melakukan pendistribusian bantuan logistik berupa makanan dan nonmakanan. 

Desa-desa yang didarati helikopter pengangkut bantuan antara lain Desa Kampung Baru, Popenga Atas, Lemo-lemo, Bella, Kalobang, Limbo Rambu, Kopeang, Salogata, Pangasahan dan Topayo. Total sorti distribusi bantuan melalui helikopter BNPB berjumlah 14 sorti. (*)