Ticker

6/recent/ticker-posts

Tangsel: TPA Cipeucang melebihi kapasitas, 400 Ton perhari akan dikirim ke TPA Cilowong

Doc. Ilustrasi TPA Cipeucang


Sekitar 400 ton dari total 800 ton sampah yang dihasilkn warga Tangsel per hari akan ditampung ke TPA Cilowong, Kota Serang.


Tangerang Selatan - Pemerintah Kota Tangerang Selatan menjalin kerja sama dengan Kota Serang, Banten. Salah satunya terkait pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Cilowong untuk menampung sampah dari Tangerang Selatan. Separuh sampah yang dihasilkan wilayah Tangerang Selatan akan dikirimkan ke Kota Serang lantaran TPA Cipeucang sudah penuh dan melebihi kapasitas. 

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Tangerang Selatan, Bambang Noertjahjo menjelaskan, sekitar 400 ton dari total 800 ton sampah yang dihasilkan warga Tangsel per hari akan ditampung ke TPA Cilowong, Kota Serang.

"(Sebanyak) 400 ton maksimal per hari, tapi kan tentatif tergantung produksi sampah per hari," ujar Bambang saat diwawancarai di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) seperti dilaporkan TribunJakarta.com, Jumat (29/1/2021). Saat ini, lanjut Bambang, pihaknya masih membahas soal teknis kerja sama pengelolaan dan penampungan sampah tersebut. 

Pembahasan terkait kerja sama tersebut ditargetkan rampung paling lambat pada April mendatang. "Baru MoU (memorandum of understanding) ya, baru mulai sekitar Maret-April-lah. Tapi kan kami harus pendalaman segala macam sampai nanti perjanjian kerja sama," ujar dia. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto mengungkapkan, daya tampung di TPA Cilowong bisa mencapai 2.012 ton sampah. Dalam rencana kerja sama itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan menjanjikan penyediaan alat untuk menekan volume sampah yang ada. Mereka juga berjanji akan memberikan kompensasi bagi warga dan penataan lingkungan di sekitar TPA Cilowong, dilansir Kompascom.

"Pemerintah Kota Tangerang Selatan ada rasa kepedulian penganggaran dan pembiayaan penataan TPS. Kompensasi dipenuhi oleh Tangsel, yaitu memberikan asuransi, BPJS, penataan lingkungan di sekitar TPS dan jalur yang dilalui," ucapnya. (*)

Post a comment

0 Comments