Baku tembak dengan anggota TNI, Satu anggota KKSB tewas -->

Breaking news

Live
Loading...

Baku tembak dengan anggota TNI, Satu anggota KKSB tewas

Thursday 4 February 2021



Doc. ilustrasi:
Anggota KKSB Kodap VIII Intan Jaya


Papua - Satu anggota KKSB dilaporkan tewas usai kontak tembak dengan anggota TNI di Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Kamis (4/2).

Hal ini dibenarkan Komandan Korem 173 PBB Brigjen TNI Iwan Setiawan.

"Kontak tembak di Hitadipa antara anggota Yonif 400/BR di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya, menewaskan satu anggota KKSB," ucap Iwan dilansir dari Antara. Belum ada keterangan lebih lanjut terkait peristiwa tersebut.

Sehari sebelumnya TNI memastikan kabar bahwa anggota TNI tewas setelah terlibat baku tembak dengan sejumlah orang KKB di Papua adalah informasi bohong.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI Kolonel CZI Gusti Nyoman Suriastawa menyebut tak ada baku tembak yang terjadi di wilayah Nenas Dobo, Distrik Mapnduma, Kabupaten Ndugama, Papua, Selasa (2/2), dengan Kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Sebelumnya beredar pesan berantai yang menyebut KKB di bawah komando Egianus Kogoya menyerang pos TNI yang berlokasi di Distrik Mapnduma.

Dalam pesan tersebut, pihak KKSB mengklaim telah menembak mati dua anggota TNI. Mereka juga menyebut sejumlah anggota TNI mengalami luka berat dalam kontak senjata tersebut.

Suriastawa meminta agar pihak KKSB yang tergabung dalam TPNPB menghentikan aksi penyebaran berita atau informasi bohong ke publik. Sebab kata dia hal tersebut telah membuat resah masyarakat Papua.

"TPNPB hentikan buat isu-isu yang meresahkan masyarakat, mari kita bersama-sama membangun Papua dan Papua Barat agar tercipta hidup rukun, damai, dan sejahtera," kata dia. Sementara itu belum ada keterangan resmi dari KKB di bawah pimpinan Kogoya terkait peristiwa tersebut. (*)