Ticker

6/recent/ticker-posts

Polres Metro Bekasi Kota berencana menerapkan tilang elektronik


Doc. ilustrasi

Melihat dari angka banyak pelanggaran, perbandingan dari tahun 2019 ke 2020 di situ kita membandingkan berapa banyak jumlah (pelanggaran) dan di mana saja ruas jalan itu. Itu yang akan kita analisa dan evaluasi,

Bekasi Kota - Polres Metro Bekasi Kota berencana menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) dalam waktu dekat. Tilang elektronik akan diterapkan di 3 ruas jalan protokol di Kota Bekasi.

"Di stasiun (Jalan Ir H Juanda), Jalan Ahmad Yani sama (Jalan) I Gusti Ngurah Rai. Tapi ini (lokasi) masih kita diskusikan dengan Dishub ya," ujar Wakapolres Metro Bekasi AKBP Alfian Nurrizal ketika dihubungi detikcom, Senin (1/2/2021).

Alfian menyebut 3 lokasi itu masih akan dievaluasi kembali bersama dengan Pemkot Bekasi. Polisi dan Pemkot Bekasi masih membahas soal anggaran.

Salah satu alasan penerapan tilang elektronik di tiga ruas jalan tersebut adalah sering terjadi pelanggaran lalu lintas.

"Karena kita melihat dari angka banyak pelanggaran, perbandingan dari tahun 2019 ke 2020 di situ kita membandingkan berapa banyak jumlah (pelanggaran) dan di mana saja ruas jalan itu. Itu yang akan kita analisa dan evaluasi," jelas Alfian.

Alfian mengatakan pihaknya belum memiliki target realisasi dari penerapan tilang elektronik. Pihak kepolisian juga belum memiliki perangkat, namun sudah mendata spek-spek yang diperlukan agar tilang elektronik bisa diberlakukan.

"Bulan ini kita akan membicarakan terkait itu (persiapan tilang elektronik)," ucap Alfian.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencanangkan program 100 hari kerja yang salah satunya pemasangan E-TLE. Korlantas turut mendukung program itu dan akan memasang E-TLE di 19 wilayah hukum Polda.

"Nah seandainya ini semua dibangun E-TLE, nanti targetnya ya kita ini pada program 100 hari Bapak Kapolri, ada sekitar 19 polda yang akan kita lakukan (pemasangan ETLE)," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono kepada wartawan, Jumat (29/1/2021).

Dari 19 polda, 5 polda akan rampung pada Maret 2021, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, dan Polda DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). (*)

Post a comment

0 Comments