Banjir Bandang di Sitaro Rusak rumah sampai jalan -->

Breaking news

Live
Loading...

Banjir Bandang di Sitaro Rusak rumah sampai jalan

Tuesday 30 March 2021


Banjir bandang merusakkan rumah dan jalan. Dua rumah warga di Bahu Lingkungan II atau Namitung ini rusak berat, sedangkan satu lainnya rusak ringan. 


Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) - Banjir bandang menerjang wilayah Namitung, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara, pada Senin (29/3). Kejadian terjadi pada sore hari, pukul 15.35 waktu setempat. Dua rumah warga mengalami rusak berat. 


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro menginformasikan banjir bandang merusakkan rumah dan jalan. Dua rumah warga di Bahu Lingkungan II atau Namitung ini rusak berat, sedangkan satu lainnya rusak ringan. Di samping itu, tempat usaha warga berupa bengkel juga mengalami rusak berat. Demikian juga akses jalan sepanjang 100 meter rusak. 


BPBD setempat melaporkan kronologi banjir bandang dipicu oleh hujan lebat pada hari Senin (29/3).


Sementara itu, total warga yang mengungsi berjumlah 50 KK atau 163 jiwa. Mereka tersebar di dua tempat pengungsian. Warga mengungsi di Gereja Bahu sebanyak 33 KK atau 111 jiwa dan rumah keluarga 17 KK atau 52 jiwa. BPBD Kabupan Kepulauan Sitaro telah mendistribusikan bantuan permakanan kepada para warga di pengungsian. Selain itu, pemerintah daerah juga menyediakan matras, tikar dan selimut.


Melihat Info BMKG, prakiraan cuaca di Kecamatan Siau Timur menunjukkan hujan ringan pada siang hingga sore hari. Hal serupa masih berpotensi terjadi pada esok hari, Rabu (31/3). Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor. (*)