Pesta Demokrasi 2021, Lobar Gelar Pilkades di 24 Desa -->

Breaking news

News
Loading...

Pesta Demokrasi 2021, Lobar Gelar Pilkades di 24 Desa

: Tim Media-INVESTIGASI.COM
Friday, 28 May 2021


Lombok Barat, (Giri Menang) -  Pemungutan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Lombok Barat dijadwalkan digelar Juli mendatang. Pesta demokrasi tingkat desa di tahun 2021 melibatkan 24 desa.


Pilkades tahun ini penyelenggaraannya masih 90 persen sesuai dengan jadwal semula. Pemungutan suara di Bulan Juli 2021 dan pelantikan di Bulan Agustus 2021,” kata Kepala BPMPD Lobar Herry Ramadhan."


Herry Ramadhan  menjelaskan memang untuk penyelenggaran tahun ini akan berbeda dari sebelumnya. Dimana, akan menyiapkan berbagai kebutuhan penunjang protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). ”Persiapan TPS akan sangat memperhatikan protokol kesehatan yang ketat,” tuturnya.


Dimana nantinya TPS akan disiapkan tempat mencuci tangan atau penyediaan hand sanitizer. Tempat duduk pemilik hak suara yang menunggu giliran menyalurkan suaranya akan dijaga jarak.


Penerapan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumuman, dan mengurangi mobilitas (5M) akan diterapkan setiap TPS,” tuturnya.


Kadis BPMPD menjelaskan Pilkades nantinya akan langsung diamati pihak kecamatan selama penyelenggaraanya. Termasuk sosialisasi ke Desa-Desa untuk Desa yang ikut dalam kontestasi Pilkades ini. ”Minggu depan kita akan adakan sosialisas tersebut ke Desa-Desa,” Jelasnya.


Herry  Ramadhan  menerangkan anggaran yang disiapkan untuk pelaksanaan Pilkades Lobar 2021 ini sebesar Rp 3,8 miliar. Namun ia melihat di masa pandemi Covid 19, ada beberapa item bisa dikurangi. ”Kalau kami hitung-hitung, penyelenggaran ini bisa hemat Rp 400 juta,” terangnya.


Anggaran ini nantinya akan banyak untuk kebutuhan penunjang logistik, persiapan TPS, dan penunjang penerapan protokol kesehatan.  Tentunya ini akan dipertimbangkan nantinya sesuai kebutuhan di lapangan saat persiapan TPS.


Datanya kini lagi dimatangkan terkait jumlah pemilih pasti yang usianya diatas 17 tahun,” Tutunya.

(H.Nps.*")