Taman Kota Kabupaten Lombok Barat, Kumuh dan tidak terawat -->

Breaking news

News
Loading...

Taman Kota Kabupaten Lombok Barat, Kumuh dan tidak terawat

: Tim Media-INVESTIGASI.COM
Saturday, 15 May 2021


Lombok Barat - Taman  kota di Kabupaten Lombok Barat, terlihat kumuh dan rusak di bagian kamar kecil yang tidak ada aliran air sehingga semua kloset penuh dengan kotoran. Sabtu (15/4/2021) pukul 12:30. WITA.


Lombok Barat : Maunya menambah keindahan, nyatanya dinilai merusak pemandangan. Begitulah nasib taman kota, yang ada di Jantung Kota Kabupaten Lombok, taman hijau itu berlokasi di sisi timur  bersebelahan dengan kantor Kelurahan Dasan Geres.


Taman sepanjang sekitar kurang lebih 2 hektar itu kini kondisinya cukup memprihatinkan. Selain tidak dirawat, di beberapa bagian taman juga terlihat kumuh. Bahkan, ada beberapa tiang lampu yang tidak berpungsi, bangunannya yang dibiarkan amburadul. Selain itu, tumpukan sampah juga terkesan dibiarkan begitu saja di sudut sudut taman, kolam yang keliatan airnya sudah keruh bisa bisa jadi tempat sarang nyamuk saking tidak pernah di perhatikan oleh dinas terkait kabupaten Lombok Barat.


"Kalau mau dirawat, taman ini sebenarnya cukup bagus. Tapi sekarang kondisinya begini, terkesan dibiarkan begitu saja. Jadi merusak pemandangan. Padahal lokasinya ada di kota," tandas inisial x, seorang tokoh warga setempat kepada wartawan media investigasi.com Sabtu (15/4/2021).


Saat ini kondisi taman tampak memprihatinkan dan kumuh. Kondisinya benar-benar tampak tidak terawat. Banyak bangunan  yang dibiarkan berjatuhan genteng. Bahkan, rumput ilalang yang membuat taman kota itu keliatan seperti kebun yang ada di tengah sawah, itu hingga kini masih tetap 'menghiasi' bagian taman.


Selain itu, hampir semua tanaman dalam taman juga terlihat tidak dirawat. Dibantaranya, kondisinya sudah keropos. Bahkan, jatuhnya dedaunan kering dari atas pohon juga terlihat dibiarkan begitu saja teronggok dalam taman. Rumput liar juga banyak tumbuh di sekitar lokasi taman. Suasana terlihat semakin kumuh, karena di beberapa bagian taman terlihat tumpukan sampah.


"Bukannya jadi indah, malah terkesan kumuh. Harus segera ada perbaikan," tandas pria inisial X.


Taman hijau itu sengaja dibangun di sisi sudut timur . Di antaranya, berdampingan dengan bundaran jalan yang berada didalam kota pemerintahan kabupaten Lombok agar keliatan indah, pengelolaan taman itu sebenarnya dilakukan oleh masing-masing instansi pemerintah dan sebagian swasta. 


Tiap instansi diberi jatah merawat taman tersebut oleh pemerintah agar tetap keliatan indah dan menjadi taman bermain bagi masyarakat Lombok barat,  malah sekarang sering di temukan di gunakan menjadi tempat muda mudi bersama pasangannya yang bukan mohrim untuk melakukan perbuatan yang tidak pantas di lakukan karna tempat itu adalah taman kota bukan tempat mesum. Tutur salah satu  warga kabupaten Lombok barat.


"Instansi yang punya tanggung jawab merawat itu harus didorong, kalau perlu diobrak agar melakukan kewajibannya. Jangan sampai keberadaan taman itu terus menerus merusak pemandangan," tutur X. (H.nps)