BNPB Terima Bantuan Dua Puluh Unit Perahu Polyethylene dari PT Kemenangan

Breaking news

News
Loading...

mgid

adsense

BNPB Terima Bantuan Dua Puluh Unit Perahu Polyethylene dari PT Kemenangan

: Tim Media-INVESTIGASI.COM
Tuesday, 29 June 2021



Bantuan perahu sangat diperlukan saat penanganan banjir mengingat frekuensi kejadian banjir yang meningkat. 


Jakarta - BNPB menerima bantuan dua puluh unit perahu polyethylene untuk mendukung penanganan darurat bencana. Serah terima bantuan berlangsung di Graha BNPB, Jumat lalu (25/6). Bantuan sejumlah perahu dari PT Kemenangan tersebut diterima secara simbolis oleh Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB. 


Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi mengucapkan terima kasih atas bantuan PT Kemenangan atas bantuan sejumlah perahu dengan total nilai Rp150 juta. Selanjutnya kedua belah pihak menandatangani berita acara serah terima (BAST). 


Di samping itu, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan berkesempatan untuk melakukan pengecekan fisik perahu. Selanjutnya, perahu berkapasitas 4 orang ini diuji ketahanan materialnya. Dalam pengujian dengan cara membanting perahu, badan perahu menunjukkan tetap utuh dan tidak rusak. 


Pada kesempatan itu, Prasinta yang juga didampingi Direktur Optimasi Jaringan Logistik dan Peralatan BNPB Ibnu Asur dan Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan BNPB Pambudi Suroyo Jati menyampaikan beberapa saran dan masukan teknis terkait perbaikan desain perahu. Masukan ini berdasarkan pengalaman di lapangan terkait penggunaan perahu polyethylene selama ini.


Menurutnya, bantuan perahu sangat diperlukan saat penanganan banjir mengingat frekuensi kejadian banjir yang meningkat. Hal tersebut dilatarbelakangi fenomena perubahan iklim yang menyebabkan tidak teraturnya pola musim dan cuaca di Indonesia dan diprediksi dapat memicu jumlah kejadian banjir ke depan. 


“Dalam hal ini, BNPB selaku koordinator atau fasilitator, maka seluruh bantuan yang diterima melalui BNPB akan segera disalurkan kepada yang membutuhkan,” ujar Deputi Bidang Logistik dan Peralatan di akhir sambutan.


Sementara itu, Direktur PT Kemenangan Imanuel Masman berharap bantuan ini dapat bermanfaat untuk penanganan bencana alam di Indonesia, khususnya saat terjadi bencana banjir yang memang sangat sering terjadi di berbagai wilayah. (rsd/*)