Ketahui Keistimewaan Memiliki Tiga Anak Perempuan,.. -->

Breaking news

Live
Loading...

Ketahui Keistimewaan Memiliki Tiga Anak Perempuan,..

Saturday 26 June 2021

Dok. ilustrasi, (26)6).


Jakarta - Sebelum kedatangan Nabi Muhammad SAW di dunia dan lahirnya agama Islam, perempuan memiliki kedudukan yang rendah. Pada zaman itu, perempuan menjadi barang yang bisa diperjualbelikan, harta yang bisa diwariskan, hingga diperlakukan sebagai budak. 


Namun, kini kondisinya sudah berubah, tidak lagi seperti itu. Nabi Muhammad mengatakan ada keistimewaan tersendiri bagi mereka yang memiliki anak perempuan. 


Sebagaimana dalam sebuah hadis di bawah ini:


وعن عقبة بن عامر ـ رضي الله عنه ـ أن النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ قال: مَنْ كان له ثلاث بنات فصبَرَ علَيْهِنَّ، وأطعَمَهُنَّ وسقاهُنّ، وكساهُنَّ مِنْ جِدَتِهِ كُنَّ لَهُ حجاباً مِن النارِ يومَ القيامة


Artinya: Dari ‘Uqbah ibn ‘Amir ra, Nabi Muhammad SAW bersabda “Siapasaja yang memiliki tiga anak perempuan, kemudian sabar atas (ujian) mereka, dan memberi mereka makan, memberi mereka minum, dan memberi mereka pakaian dari hasil upayanya, maka baginya penghalang dari api neraka di hari kiamat. (HR. Ibnu Majah)


Ada juga hadits lainnya yang memiliki makna serupa, yang diriwayatkan oleh Sayyidah ‘Aisyah dari riwayat Imam Tirmidzi berbunyi:


…..مَن ابتُلي بِشَيءٍ من البناتِ فصبرَ عليهِنَّ كُنَّ له حجاباً من النَّار …


Artinya: Barangsiapa yang diuji sesuatu dari anak-anak perempuannya, kemudian sabar maka baginya penghalang dari api neraka… (HR. Tirmidzi)


Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menjelaskan maksud “diuji dengan anak perempuan” adalah orang-orang pada saat itu membenci kelahiran anak perempuan.


Jadi, seperti yang dijelaskan dalam kedua hadis tersebut, Rasulullah ingin menunjukkan betapa beruntungnya mereka yang memiliki anak perempuan. 


Buat yang belum tahu, pada zaman jahiliyyah, perempuan tidak ada harganya sama sekali, memiliki anak perempuan itu adalah sebuah aib. 


Hal itu lah yang membuat pasangan suami istri saat mengetahui jenis kelamin anak mereka adalah perempuan, mereka langsung malu. 


Sebagaimana yang tertulis dalam QS. An-Nahl ayat 58:


“Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah.” (rsd/um)