Komandan Distrik Militer Letkol Kav Joko Sunarto Apresiasi SMA Negeri 3 Menggala -->

Breaking news

News
Loading...

Komandan Distrik Militer Letkol Kav Joko Sunarto Apresiasi SMA Negeri 3 Menggala

Monday, 28 June 2021


Tulangbawang - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0426 Tulangbawang Letkol Kav Joko Sunarto memimpin upacara pembukaan perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami) Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0426/TB tahun 2021.


Upacara pembukaan Perjusami berlangsung di Lapangan Koramil 426-02/MGL yang berada di Jalan Lintas Timur Sumatera Kelurahan Menggala Tengah, Kecamatan Menggala, Tulangbawang, Jumat, 25 Juni 2021.


Perjusami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0426/TB tahun 2021 mengusung tema "mewujudkan pembinaan teritorial (Binter) TNI AD yang adiptif melalui pembinaan pramuka Saka Wira Kartika guna membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan".


Letkol Kav Joko Sunarto memberikan apresiasi kepada SMA Negeri 3 Menggala karena telah menyempatkan hadir dalam kegiatan Saka Wira Kartika dalam rangka Perjusami kodim setempat. 


Kata Joko, Perjusami merupakan suatu kegiatan yang memiliki dampak positif, sebab dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. 


"Perjusami sebagai wujud untuk pemersatu dan kesatuan bangsa yang memiliki enam dimensi yang bersifat mendasar dan fundamental yaitu penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai mahluk ciptaan tuhan, cinta tanah air dan bangsa ataupun kedaulatan rakyat, tekat bersama untuk kehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka, bersatu dan masyarakat adil dan makmur serta kesetiakawanan dikalangan pelajar dan masyarakat, " kata Joko. 


Kata dia, pramuka penegak dan pramuka pandega saat ini memiliki peran penting membantu pemerintah memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini.


"Kegiatan ini juga berfungsi mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan ke Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat, " ungkapnya.(id)