Kunjungan Kementerian RI ke Tanah Bumbu Kalsel -->

Breaking news

Live
Loading...

Kunjungan Kementerian RI ke Tanah Bumbu Kalsel

Friday 18 June 2021



Tanah Bumbu - Sejumlah lembaga Kementrian RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Bumbu. Mereka disambut Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar di ruang kerjanya, kamis, 17/06/21) Sore.


Kementerian tersebut  terdiri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan juga Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI.


Adapun maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah melakukan survei terhadap desa yang akan menjadi proyek percontohan Program Pengembangan Desa Kreatif.


Desa yang berhasil memenuhi kriteria sebagai desa percontohan ekonomi kreatif yaitu Desa Mustika yang terletak di Kecamatan Kuranji dan juga Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana, dimana 2 desa tersebut termasuk dalam kawasan Ring 1 PT BIB.


Dijelaskan perwakilan perusahaan Dindin Makinunuddin, bahwasanya survei ini merupakan tindak lanjut program pengembangan desa kreatif yang sudah dipaparkan di depan Kemenparekraf beberapa waktu lalu, untuk dijadikan sebagai desa kreatif percontohan.


“Desa Mustika dan Desa Sumber Baru kami promosikan di Kemenparekraf sebagai desa percontohan untuk ekonomi kreatif. Dalam program ini Kabupaten Tanah Bumbu menjadi kabupaten pertama yang menerima kunjungan Tim survei desa kreatif tersebut se-Indonesia,” kata Dindin.


Sementara itu, Direktur Akses Perbankan Kemenparekraf, Yuke Sri Rahayu menyatakan bahwa 2 desa yang sudah ditunjuk adalah desa yang layak untuk dijadikan desa kreatif percontohan.


“Suatu saat nanti kekayaan alam seperti batu bara dan minyak bumi akan habis, untuk itu sejak dini kami meluncurkan program desa kreatif sebagai penyanggah perekonomian di dalam masyarakat pedesaan. Tentu diharapkan kepada seluruh stakeholder mampu melakukan kerja sama baik itu pemerintah dan swasta dalam pengembangan desa kreatif tersebut,” ujarnya.


Kemudian Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar dalam sambutannya sangat bersyukur dan menyambut baik kunjungan dari beberapa Kementerian tersebut.


“Tentu kami sangat bersyukur, desa itu ditetapkan sebagai desa kreatif oleh Kemenparekraf. Diharapkan ini mampu menjadi motivasi kepada semua desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu untuk lebih giat dalam melakukan inovasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa,” sebut Zairullah.


Mewakili seluruh masyarakat, Zairullah juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak Kementerian yang telah melakukan survei, serta kepada perusahaan yang senantiasa membina desa kreatif tersebut. (Team)