Peringati HANI Polres Metro Jakarta Selatan Musnahkan Ratusan Kilogram Tembakau Sintetis -->

Breaking news

Live
Loading...

Peringati HANI Polres Metro Jakarta Selatan Musnahkan Ratusan Kilogram Tembakau Sintetis

Tuesday 29 June 2021


Memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), Polres Metro Jakarta Selatan Musnahkan 167,8 Kilogram Tembakau Sintetis.


Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan memusnahkan barang bukti narkoba jenis tembakau sintetis seberat total 167,8 kilogram yang disita selama periode Juni 2021. Dalam acara pemusnahan pada Selasa (29/6/2021), Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah juga memberikan sertifikat penghargaan kepada personelnya yang berprestasi mengungkap kasus tersebut.


Pemusnahan tembakau sintetis itu dilakukan dengan cara dibakar dengan disaksikan bersama Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Agustinus Agus Rahmanto, Kepala Badan Narkotika Jakarta Selatan Dikdik Kusnadi dan Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Wadi Sa’bani.


“Kami ingin menimbulkan kesadaran tinggi masyarakat bahaya narkoba yang terus berkembang dengan berbagai bentuk baik modus dan bahan baku seperti saat ini tembakau sintetis,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah di Jakarta Selatan, Selasa (29/6/2021).


Sebelum dibakar, tembakau sintetis itu kembali diuji terlebih dahulu oleh tim Laboratorium Forensik Polda Metro Jaya.


Dari hasil uji, tembakau tersebut positif mengandung bahan narkotika golongan I dari zat MDMB 4en Pinaca.


Tembakau tersebut merupakan tembakau biasa yang dijual bebas di pasaran. Namun, belakangan tembakau tersebut dicampur dengan zat kimia berbahaya yang merupakan sediaan narkoba.


Selain membakar barang bukti, dalam momentum memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tersebut, Polres Metro Jakarta Selatan juga memberikan sertifikat penghargaan kepada 22 orang personel kepolisian yang mengungkap kasus narkoba.


“Terima kasih atas kolaborasi dalam menyelamatkan generasi muda karena ini bagian kejahatan manusia,” ucap Kapolres. (ab)