Polisi Tangkap Tiga Orang Sindikat Pencurian Modus Ganjal ATM -->

Breaking news

Live
Loading...

Polisi Tangkap Tiga Orang Sindikat Pencurian Modus Ganjal ATM

Tuesday 31 August 2021


Polda Metro Jaya Tangkap Tiga Orang Sindikat Pencurian Modus Ganjal ATM


Jakarta - Tiga orang sindikat pencurian dengan modus ganjal ATM yang berinisial AS, Y alias N, dan CH alias D berhasil ditangkap Satresmob Polda Metro Jaya. Diketahui, ketiganya beroperasi dengan mengganjal slot kartu ATM sehingga mesin ATM tidak dapat menerima kartu.


"Modusnya ini sedikit berbeda, dia mengganjal ATM sehingga saat orang ingin mengambil uang, maka kartu ATM milik korban tidak bisa masuk," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus dalam konferensi persnya, Senin (30/8/2021).


KombesPol Yusri menyebut, ketiganya menggunakan berbagai jenis ATM dengan bentuk yang sudah dimodifikasi di bagian ujungnya.


"Pertama dia ganjal di situ (slot kartu ATM-nya), nanti setelah itu ketika korban kesulitan memasukkan kartu ATM datang satu orang pelaku mencoba membantu memasukkan. Di saat itulah si pelaku kemudian dengan cepat menukar dengan kartu ATM yang sama banknya. Karena dia sudah siapkan banyak ATM, kartu ATM yang dikerik tipis sehingga bisa masuk," terang KombesPol Yusri.


"Kemudian ketika korban memencet pin di ATM, ada satu yang mengintip pin yang ditekan. Tapi karena bukan ATM asli, maka tidak akan terjadi transaksi sehingga korban akhirnya pergi dan di sanalah pelaku beraksi," jelas KombesPol Yusri.


Lulusan akademi kepolisian (Akpol) tahun 1991 tersebut kemudian mengimbau kepada masyarakat untuk waspada ketika hendak mengambil uang di ATM yang lokasinya berada di minimarket atau pom bensin yang sepi. Lantaran, para pelaku berkelompok dalam melaksanakan aksinya.


"Kan kalau kelompok ganjal ATM ini 3-5 orang lah, karena ini sangat mudah. Sebagai edukasi, tolong berhati-hati karena kadang modusnya sebagai penolong," tukas KombesPol Yusri. (rs/*)