Densus 88 Temukan 35 Kilogram Bahan Peledak -->

Breaking news

Live
Loading...

Densus 88 Temukan 35 Kilogram Bahan Peledak

Tuesday 5 October 2021


Densus 88 Temukan 35 Kilogram Bahan Peledak Milik Napiter di Gunung Ceremai.


Jakarta - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menemukan bahan peledak yang disembunyikan seorang narapidana terorisme, Imam Mulyani yang ditangkap pada 2017 lalu.


Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan Imam mengaku menyembunyikan bahan peledak di kawasan Gunung Ciremai, Jawa Barat.


"Kepada Densus 88, Imam membuat pengakuan yang mencengangkan. Dia bersama komplotannya masih menyimpang bahan baku TATP (Triacetone Triperoxide) sebanyak 35 kilogram," ungkap KombesPol Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Senin (4/10/2021).


Dari pengakuan terpidana tersebut, Densus 88 bersama tim Penjinak Bom Brigade Mobil Kepolisian Daerah Jawa Barat mencari bersama Imam ke kawasan Gunung Ciremai, Jawa Barat.


KombesPol Ramadhan mengatakan, bahan peledak ditemukan pada ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut di seputaran Blok Cipater, Desa Bantar Agung, Sindanwangi, Majalengka, Jawa Barat.


"Polri menemukan sejumlah TATP dalam beberapa wadah terpisah, sesuai dengan pengakuan Imam Mulyana," ujar KombesPol Ramadhan.


Wadah pertama, kata KombesPol Ramadhan, ditemukan di sebuah toples yang berisikan 10kg TATP murni. Kemudian, ada juga di sebuah botol plastik berisi 250 ml yang berisi gotri, serta, ditempatkan pada empat tempat makan.


Lalu, ditemukan juga bahan peledak C1 dan 1,5 botol air minum yang berisi TATP yang sudah berubah warna. "Tim Jibom Brimob Polda Jabar melakukan tindakan pemusnahan (disposal) terhadap bahan peledak tersebut di sekitar lokasi penemuan," jelas KombesPol Ramadhan.


Sebagai informasi, Imam, anggota jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ditangkap ketika Presiden Jokowi hendak menghadiri acara penutupan kegiatan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke IX pada 2017 lalu di Tamah Gua Sunyaragi. (dw/*)