Sebelum menggelar Superbike, ITDC Diminta Gelar Ritual -->

Breaking news

News
Loading...

Sebelum menggelar Superbike, ITDC Diminta Gelar Ritual

Tuesday, 19 October 2021

ITDC Diminta Gelar Ritual Permisi ke Mahluk Halus Sebelum MotoGP Mulai.

 

Nusa Tenggara Barat - Sebelum menggelar Superbike, Sirkuit Mandalika terlebih dahulu akan menggelar Asia Talent Cup (ATC). Para pembalap muda akan memacu kuda besi di Mandalika.


Lepas digelarnya ATC, akan digelar Superbike beberapa pekan kemudian. Baru pada 22 Maret 2022 ajang balapan dunia MotoGP akan digelar.


Budayawan Sasak, Lalu Putria, meminta para pemangku kebijakan maupun ITDC menggelar ritual keselamatan atau yang dikenal dengan istilah Sasak, Nede Rahayu Hayuning Jagat.


“Nede Rahayu Hayuning Jagat itu ritual untuk meminta keselamatan untuk jagat raya beserta isinya,” kata Lalu Putria, Senin, 18 Oktober 2021.


Lalu Putria meminta agar pemerintah pusat maupun ITDC menerima saran dari para pemangku adat Sasak, untuk menghindari musibah.


“Saya sarankan untuk ITDC dan pemerintah pusat sebelum perismian sirkuit,” ujarnya.


Ritual tersebut berupa doa kepada Allah SWT agar sepanjang event di Sirkuit Mandalika dihindari dari bahaya dan kekuatan negatif lainnya.


Selain itu, ritual tersebut juga memohon izin kepada mahluk halus yang mendiami kawasan Mandalika agar internasional event terselenggara dengan baik.


“Kita harus mohon izin pada Allah SWT dan pada jin iblis. Karena ada yang tidak terlihat di bumi ini. Ini saran sebagai orang tua. Semoga penyelenggara bisa bersinergi,” katanya.


Lalu Putria juga pernah memberikan saran melalui diskusi dengan pemangku kepentingan di Mandalika. Dia berharap gawe besar tersebut dapat digelar.


“Sudah berikan saran melalui diskusi. Mudahan tidak terlupakan gawe besar ini. Kita ritual secara budaya adat Sasak,” katanya.


Dia merasa khawatir jika ritual adat tidak diselenggarakan, maka mendatangkan bahaya maupun angkara murka dari setiap mahluk gaib.


“Kita khawatir karena sekali lagi kita harus betabe nurge (permisi). Bukan saja pada yang terlihat, tetapi yang tidak terlihat. Karena kita percaya ada yang tidak terlihat,” katanya. (rd.nn)