Beredar kabar Megawati resmi rekomendasikan Ganjar jadi Capres PDIP di Pilpres 2024 -->

Breaking news

News
Loading...

Beredar kabar Megawati resmi rekomendasikan Ganjar jadi Capres PDIP di Pilpres 2024

Wednesday, 15 December 2021


Ganjar sudah direkomendasikan Megawati untuk dipastikan maju menjadi calon penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2024, dok. istimewa (15/12).

 

Jakarta - Lagi-lagi, beredar kabar yang menyebut bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi telah merekomendasikan kadernya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju pada Pilpres 2024. Hal ini diketahui setelah beredarnya sebuah foto dirinya bersama Ganjar tengah berpose bersama dengan memegang sepucuk surat rekomendasi.


Adapun dalam foto yang diunggah di Facebook oleh pemilik akun Adma Wijaya tersebut mengangkat narasi yang mengklaim bahwa Ganjar sudah direkomendasikan Megawati untuk dipastikan maju menjadi calon penerus Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2024 mendatang. Berikut bunyi narasi tersebut:


"KETUA UMUM PDIP MEREKUMENDASIKAN GANJAR MAJU CAPRES 2024 . . UDAH DIPASTIKAN GANJAR PRANOWO PENERUS JOKOWI."


Untuk cek fakta, ternyata narasi yang diklaim oleh pemilik akun tersebut keliru dan foto yang digunakan tidaklah relevan. Pasalnya, hingga kini pihak PDIP masih belum memutuskan secara resmi siapa di antara kadernya yang akan diutus untuk menjadi Capres pada 2024. Terakhir kali, kabar yang beredar menyebut bahwa Mega sendiri masih berkontemplasi terkait pencapresan.


Selain itu, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto terakhir kali juga sempat memberikan penegasan terkait pencapresan PDIP pada November lalu. Ia menegaskan bahwa tahapan pemilu masih belum ditetapkan dan perihal penetapan capres-cawapres secara kelurusan berada di bawah wewenang Megawati selaku Ketua Umum PDIP.


"Ibu Mega lah yang nanti memutuskan. Politik itu ada seni. Nanti ada momentumnya. Capres dan cawapres akan disampaikan pada momentum tepat. Apalagi survei, perhatian utama rakyat masih pada masalah perekonomian dan pandemi, bukan capres cawapres," tegas Hasto seperti dilansir dari artikel detik.com yang terbit pada 1 November 2021 lalu.


Adapun foto yang digunakan pengunggah faktanya tidak berkaitan sama sekali dengan Pilpres 2024. Kenyataannya, foto yang diunggahnya tersebut adalah foto saat Ganjar direkomendasikan Mega untuk maju pada Pilgub Jawa Tengah pada 2018 silam. Foto aslinya sendiri dapat ditinjau di antarafoto.com dengan judul foto "PENGUMUMAN CAGUB-CAWAGUB PDIP."


Dalam keterangan foto tersebut, disebutkan bahwa foto itu adalah hasil jepretan fotografer Antara Sigid Kurniawan pada 2018. Adapun keterangan foto tersebut berbunyi:


"Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) menyerahkan berkas rekomendasi kepada bakal calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu (7/1). PDIP resmi mengumumkan para cagub dan cawagub enam provinsi yakni provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur pada Pilkada 2018."


Maka dari itu, dapat dikonfirmasi bahwa narasi yang diangkat oleh pemilik akun Adma Wijaya tersebut adalah hoaks. Merujuk pada "7 Tipe Mis dan Disinformasi", informasi tersebut tergolong ke dalam kategori 'false context' atau konteks yang salah, yakni ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.


Dalam hal ini, konten yang asli, yakni foto tersebut dipadankan oleh pelaku dengan konteks informasi yang salah, yakni narasi yang menyebut bahwa Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri merekomendasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. 

(de/*)