Bursa capres 2024 Ganjar Pranowo mendapat dukungan masyarakat paling tinggi, survei opo meneh? -->

Breaking news

News
Loading...

Bursa capres 2024 Ganjar Pranowo mendapat dukungan masyarakat paling tinggi, survei opo meneh?

Wednesday, 22 December 2021


Ganjar Pranowo dinilai berpotensi mendulang dukungan besar bila mencalonkan diri pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, dok. istimewa (22/12).


Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, masih enggan berkomentar terkait hasil survei yang menempatkan posisinya di peringkat pertama sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024.


Sebelumnya, lembaga survei Populi Center merilis hasil survei mengenai bursa capres pada Pilpres 2024 mendatang.


Dari hasil survei tersebut nama Ganjar Pranowo berada di peringkat pertama disusul Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Puan Maharani.


"Survei opo meneh? (Survei apalagi). Jare sopo surveine sopo? (Kata siapa, surveinya siapa)," kata Ganjar sembari berjalan menuju ruang kerjanya, Selasa (21/12/2021).


Saat ini, Ganjar ingin konsentrasi terkait antisipasi masuknya omicron dan percepatan vaksinasi di Jawa Tengah hingga akhir tahun.


"Ya ngurusi omicron sama vaksin biar bisa dipercepat. Konsentrasi itu dulu sampai dengan Nataru (Natal dan Tahun Baru) aman alhamdulillah," kata Ganjar.


Sebagai informasi, Ganjar Pranowo dinilai berpotensi mendulang dukungan besar bila mencalonkan diri pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.


Hal itu diketahui berdasarkan survei yang dilakukan Populi Center pada 1-9 Desember 2021 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak di 34 provinsi.


Peneliti Populi Center Nurul Fatin Afifah menjelaskan, dari hasil survei tersebut, Ganjar mendapatkan persentase dukungan masyarakat paling tinggi, yakni sebesar 58,3 persen.


Pada posisi berikutnya, ada Anies Baswedan dengan persentase sebesar 47,3 persen.


"Tentu, walau Ganjar Pranowo itu muncul sebagai figur yang mendapat dukungan paling kuat, ini hanya potensi dukungan. Bukan elektabilitas. Karena ini masih bisa berkembang untuk ke depan," jelas Nurul dalam paparan hasil survei yang dilakukan secara daring, Senin (20/12/2021).


Tokoh dengan potensi dukungan terbesar ketiga yakni Prabowo Subianto dengan persentase 46,6 persen, di posisi keempat adalah Erick Thohir dengan persentase 27,5 persen, dan Puan Maharani dengan persentase 17,5 persen.


Untuk diketahui, pertanyaan yang diajukan untuk mendapatkan jawaban terkait potensi dukungan sebagai Capres 2024 yakni 'Apakah Anda akan memilih tokoh berikut maju sebagai capres di tahun 2024?' dengan opsi jawaban 'Ya' dan 'Tidak'.


Lima tokoh itu disebutkan secara terpisah, sehingga ada kemungkinan responden memilih lebih dari satu nama.


"Karena tidak diharuskan memilih mana yang paling," jelas Nurul.


Hanya lima nama yang digunakan pada survei tersebut, dengan pertimbangan, tiga nama teratas, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto adalah nama yang dianggap populer.


Hasil survei nasional lembaga Charta Politika yang dirilis pada Senin (20/12/2021) juga menunjukkan Ganjar Pranowo jadi yang paling tinggi di antara nama-nama calon presiden potensial lain.


Elektabilitas Ganjar tembus 30,2 persen saat ini.


"Sampai dengan periode survei dilakukan, Ganjar Pranowo menjadi pilihan tertinggi publik sebagai calon presiden," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, dalam rilis hasil surveinya.


Elektabilitas Ganjar bersaing dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di urutan kedua dengan elektabilitas 22 hingga 26 persen.


Di urutan ketiga, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki elektabilitas 17 hingga 23 persen.


Dari 20, 10, hingga 5 nama yang diuji elektabilitasnya, urutan peringkat Ganjar-Prabowo-Anies tak berubah sebagai tiga besar politikus dengan tingkat keterpilihan paling baik saat ini. (rs/*)