Ditemukan mengapung benda menyerupai Tank di Natuna, Ternyata setelah di investigasi,.. -->

Breaking news

News
Loading...

Ditemukan mengapung benda menyerupai Tank di Natuna, Ternyata setelah di investigasi,..

Wednesday, 29 December 2021

Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang menemukan benda menyerupai tank (kendaraan tempur) di perairan Natuna, dok. istimewa (29/12).


Jakarta - Benda mirip tank di Natuna sempat viral di sosial media. Banyak yang bertanya-tanya, benda apa itu sebenarnya? Akhirnya, benda yang viral itu ditemukan. TNI AL pun mulai menyelidiki benda tersebut.


"Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang menemukan benda menyerupai tank (kendaraan tempur) di perairan Natuna, Kepulauan Riau," tulis keterangan dalam instagram resmi TNI AL @tni_angkatan_laut seperti dilihat detikcom, Selasa (28/12).


Simak fakta lengkap di bawah ini untuk mengetahui benda mirip tank di Natuna.


Benda Mirip Tank di Natuna: TNI AL Lakukan Investigasi


Setelah mengapung di perairan Natuna, benda misterius itu kini sudah ditemukan oleh TNI AL. Benda tersebut sudah dibawa ke posmat Kijang dengan cara ditarik menggunakan pompon kayu nelayan. Kendati demikian, TNI AL masih melakukan investigasi terkait penemuan benda mirip tank di Natuna.


"Benda tersebut ditarik menggunakan pompong kayu nelayan menuju posmat kijang, sampai dengan saat ini masih dilaksanakan investigasi dari TNI AL dalam hal ini tim Pushidrosal, Dissenlekal dan Dislitbangal," jelasnya.


Benda Mirip Tank di Natuna: TNI AL Selidiki


Saat ini, benda mirip tank di Natuna tengah diselidiki TNI AL. Benda misterius yang mirip tank itu diduga sama persis dengan benda yang ditemukan di Bintan beberapa waktu lalu.


"Kemiripannya sama (dengan yang viral pada pertengahan bulan ini)," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispen AL), Laksamana Julius Widjodjono saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (28/12).


TNI AL belum bisa berkomentar banyak terkait benda mirip tank di Natuna. Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal), Dinas Material Senjata dan Elektronika Angkatan Laut (Dissenlekal) serta Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Dislitbangal) bakal memeriksa benda tersebut. Julis pun meminta masyarakat untuk menunggu hasil pemeriksaan.


"Tunggu hasil investigasi," katanya.


Benda Mirip Tank di Natuna: Melibatkan Bakamla


Pencarian benda misterius di Natuna melibatkan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Saat ini, Bakamla tengah mendalami dan berkoordinasi dengan TNI AL terkait penemuan benda mirip tank di Natuna.


"Bakamla mendapatkan info dari media dan sedang didalami karena tidak ada pers atau aset Bakamla di lokasi. Kami sedang berkoordinasi (mencari keberadaan) dengan TNI AL lebih lanjut," kata Kepala Bakamla Laksda TNI Aan Kurnia saat dihubungi detikcom.


Benda Mirip Tank di Natuna: Sama Persis Dengan Benda di Bintan


Benda mirip Tank di Natuna rupanya sama persis dengan benda misterius yang sempat mengapung di perairan Pulau Cempedak, Kabupaten Bintan, Kepri. TNI AL menyatakan, kedua benda itu nyaris sama.


"Jika melihat bentuk dan warnanya, sama," ujar Kadispen AL Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono saat dimintai konfirmasi.


Julius menyebutkan, benda mirip tank di Natuna itu dibawa ke pos pengamat (posmat) Pulau Bintan.


"Betul (benda yang sama), ditemukan di Natuna. Dibawa ke Posmat Kijang di Pulau Bintan," tuturnya.


Dia belum bisa memastikan jenis benda tersebut. Saat ini, sambung Julius, tim ahli masih meneliti benda mirip tank di Natuna.


Informasi lain terkait benda mirip tank di Natuna dapat disimak di halaman selanjutnya.


Benda Mirip Tank di Natuna: TNI AL Tegaskan Tidak Ada Bahaya


Meski keberadaan benda mirip tank di Natuna sudah ditemukan, TNI AL menegaskan benda tersebut tidak berbahaya. Namun, TNI AL masih terus menganalisis benda tersebut.


"Iya, memang betul ada temuan benda mirip tank, tapi tidak berbahaya," kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay, seperti dilansir Antara, Sabtu (18/12).


Benda Mirip Tank di Natuna: Diduga Milik Perusahaan

Dugaan sementara, benda mirip tank di Natuna milik perusahaan migas Star Energy dari rig blok kakap. Menurut TNI AL, perusahaan itu tengah mengebor di laut Natuna. "Pihak perusahaan sudah mengakui hal itu. Benda itu hanyut sendiri," ujarnya. (dw/*)