SMKN 6 Jember wakili Indonesia program kerjasama Sekolah kejuruan dengan Korea Selatan -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

SMKN 6 Jember wakili Indonesia program kerjasama Sekolah kejuruan dengan Korea Selatan

Thursday, 23 December 2021


Dengan adanya kerjasama bilateral di bidang pendidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan berharap dapat memajukan pendidikan kejuruan /SMK di Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru produktif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis Industri, (23/12).


Jember - Berawal dari ramainya kabar burung Terkait prestasi yang di dapat SMKN 6 Jember, maka awak media ini berkunjung ke SMKN 06 yang di temui Abdul Hayyi bagian kurikulum, saat di konfirmasi di ruang kerjanya menjelaskan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mendelegasikan empat sekolah kejuruan diantaranya SMKN 1 Cibinong, SMKS Saraswati 3 Tabanan, SMKN 9 Bandung , SMKN 6 Jember  yang akan mewakili Indonesia dalam program pertukaran guru yang diselenggarakan oleh Korea Research Institute for Vocational Education and Training (KRIVET) dibawah ASEAN +3 (Tiongkok, Jepang, Korea Selatan) di Korea Selatan, 20 Desember 2021.


Dengan adanya kerjasama bilateral di bidang pendidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan berharap dapat memajukan pendidikan kejuruan / SMK di Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru produktif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berbasis Industri, dan akhirnya dapat memberikan sumbangan nyata dalam meningkatkan generasi bangsa yang terampil dan terdidik.


Sebagai tindak lanjut kegiatan tersebut, Kepala SMK N 6 Jember beserta tim pada hari Senin lalu, tanggal 8 November 2021 telah mengikuti kegiatan online meeting bersama dengan Dr. Young Saing Kim, Senior Research Fellow , Director of EAS (ASEAN+6)  TVET Network Secretariat of KRIVET (Korea Research Institute for Vocational Education and Training) beserta 3 sekolah lain yang sudah terpilih pada program ini. Setiap sekolah dari Indonesia akan bekerjasama dengan sekolah vokasi dari Korea Selatan. Untuk SMK Negeri 6 Jember akan bekerjasama dengan Hangang Media Technical High School yang berlokasi di Seoul dan terfokus pada media technical, webmedia with 3D technology, dan industrial design.


Pada online meeting tersebut, dipaparkan tahapan-tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam beberapa waktu ke depan. Kegiatan pertama yaitu online meeting yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2021. Kegiatan ini lebih menitikberatkan pada pemaparan profil dan program dari masing-masing sekolah juga akan diadakan tanya jawab di akhir kegiatan untuk lebih saling mengenal antar lembaga. Beberapa guru dan siswa juga Kepala Sekolah tentunya akan hadir dalam kegiatan ini. Selanjutnya akan ada tahapan terkait penugasan, tahapan ini terdiri dari 6 sesi materi dan tugas yang harus diselesaikan oleh guru sebagai peserta dalam setiap pekan. Nantinya di akhir tahapan, akan ada kegiatan pertukaran guru yang akan diawali oleh kunjungan dari tim KRIVET dan perwakilan dari Hangang Media Technical High School ke SMK Negeri 6 Jember. Kemudian tim dari SMK Negeri 6 Jember juga akan berkunjung ke Seoul Korea Selatan.

       

" Masih dari Abdul Hayyi Dengan prestasi ini kita patut bersyukur, akan tetapi kami tidak akan pernah berhenti untuk membimbing, memberi motivasi supaya bisa berkreasi agar anak didik anak didik kami bisa berguna bagi bangsa dan negara tuturnya.( Nur)