Terkait kasus pengadaan satelit di Kemhan disebut ada arahan presiden Jokowi? Mahfud Md: sudah ada kontrak,.. -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Terkait kasus pengadaan satelit di Kemhan disebut ada arahan presiden Jokowi? Mahfud Md: sudah ada kontrak,..

Wednesday, 19 January 2022

dok. istimewa/ Presiden RI Joko Widodo


Mahfud Sebut Sudah Ada Kontrak Sebelum Jokowi Minta Slot Orbit Diselamatkan, (19/1).


Jakarta - Mahfud Md mengoreksi pernyataannya terkait pengadaan satelit di Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada 2015. Ia menyebut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyelamatan Slot Orbit pada tanggal 4 Januari 2015.


"Yang benar arahan Presiden disampaikan tanggal 4/1/15 tetapi kontrak sudah dilakukan tanggal 1/1/15," cuit Mahfud Md lewat Twitter-nya @mohmahfudmd seperti dilihat, Rabu (19/1/2022). Cuitan Mahfud Md telah disesuaikan ejaannya.


Mahfud sebelumnya menuliskan arahan Jokowi agar Slot Orbit diselamatkan tanpa melanggar aturan disampaikan pada 1 Desember 2015. Dan kontrak dilakukan pada tanggal yang sama 1 Desember 2015.


Diketahui, Mahfud Md mengungkap ada dugaan penyalahgunaan kewenangan dalam pengelolaan Satelit untuk Slot Orbit 123 derajat Bujur Timur yang terjadi sejak 2015 sampai saat ini. Singkatnya, Kemhan meneken kontrak dengan Avanti, Navayo, Airbus, Detente, Hogan Lovel, dan Telesat meskipun belum tersedia anggaran.


Pada 2017, Mahfud Md belum menjabat Menko Polhukam. Dia menepis anggapan lepas tangan dalam kemelut satelit Kementerian Pertahanan ini. (dw/*)