Mager apa? Kok bisa Indonesia nomor 1 -->

Breaking news

News
Loading...

Mager apa? Kok bisa Indonesia nomor 1

Thursday, 17 February 2022

Anak-anak didik RA Al-Hikmah desa Cintaratu kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, sedang belajar motorik dilapangan, dok. pribadi/ WHO dalam laporan terbarunya mengungkapkan bahwa orang-orang masa kini justru semakin malas bergerak, (17/2).


Banten - Malas bisa menjadi kebiasaan yang merugikan karena kita tidak melakukan apa-apa sehingga bisa tertinggal dari yang lain.


Selain itu, malas bergerak atau yang kerap disingkat menjadi mager bisa memicu berbagai penyakit seperti obesitas, kartdiovaskular, diabetes tipe dua, demensia dan beberapa jenis kanker.


Namun sayangnya, WHO dalam laporan terbarunya mengungkapkan bahwa orang-orang masa kini justru semakin malas bergerak.


Adapun beberapa negara yang disebut berisikan penduduk yang malas bergerak. 


Dikutip dari lastminute.com peringkat Indonesia berada di urutan pertama disusul Australia, Islandia, dan Selandia Baru (New Zealand).


Berikut adalah negara-negara dalam daftar ini merupakan hasil survei online melalui beberapa situs. Semua kategori diberi skor 1-10 dan menjadi bahan untuk kalkulasi ranking.


1. Indonesia

2. Australia

3. Islandia

4. New Zealand

5. Sri Lanka

6. Cyprus

7. Filipina

8. Yunani

9. India

10. Mauritius.


Penelitian yang baru saja dipublikasikan di jurnal Lancet Global Health itu menemukan lebih dari 25 persen orang di seluruh dunia atau setara 1,4 miliar orang tidak melakukan aktivitas fisik sesuai ketentuan WHO.


Berdasarkan rekomendasi WHO, orang dewasa dianjurkan setidaknya berolahraga atau melakukan aktivitas fisik 150 menit dengan intensitas sedang atau 75 menit dengan intensitas tinggi tiap pekannya.


Mengutip NZ Herald, rata-rata ada 27 persen negara di dunia yang tak cukup beraktivitas. Penelitian juga menyebut bahwa secara umum 32 persen perempuan dan 23 persen laki-laki gagal memenuhi target WHO. (*)