MINI Cooper terlibat laka dua orang tewas, padahal keamanan super lengkap,.. -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

MINI Cooper terlibat laka dua orang tewas, padahal keamanan super lengkap,..

Wednesday, 2 February 2022

dok. istimewa/ Kecelakaan maut MINI Cooper terjadi sekitar pukul 03.30 WIB dini hari tadi, (2/2).


Jakarta - Sebuah mobil MINI Cooper B 2600 JBA terlibat kecelakaan di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Akibat dari kecelakaan ini, dua orang tewas dan satu lainnya luka-luka.


Kecelakaan maut ini terjadi di Jl Gading Kirana, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Polisi menyebutkan kecelakaan diakibatkan pengemudi hilang kendali.


"Pengemudi saudara MR out off control," ujar Kanit Laka Lantas Wilayah Jakarta Utara AKP Edi Wibowo dalam keterangannya, Rabu (2/2/2022).


Kecelakaan maut MINI Cooper terjadi sekitar pukul 03.30 WIB dini hari tadi. Mulanya mobil MINI Cooper melaju dari arah Barat ke Timur di Jl Gading Kirana. Mobil tersebut menabrak sebuah pot. Sopir hilang kendali hingga menabrak tiang listrik. Terakhir, mobil menabrak pohon kemudian terguling.


"Berakibat pengemudi saudara MR dan penumpang saudara MAS meninggal dunia di TKP sedangkan penumpang lainnya saudara FOM mengalami luka-luka," jelasnya.


MINI Cooper tergolong salah satu mobil yang memiliki fitur keamanan lengkap. Mobil ini dibekali teknologi pengereman canggih.


Ada rem anti-lock braking system (ABS dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) untuk mendistribusikan kekuatan pengereman agar sesuai dengan kondisi berkendara. Ada juga Cornering Brake Control (CBC) untuk meningkatkan stabilitas pada saat menikung pada kecepatan. Selain itu terdapat juga Brake Assist untuk mempercepat proses dan meminimalkan jarak pengereman.


Airbag-nya juga lengkap. Enam airbag di depan dan belakang siap meminimalisir dampak kecelakaan. Ditambah side curtain airbag. Sabuk pengaman juga akan mengunci pengemudi dan penumpang dengan kencang untuk menjaga dampak yang lebih parah ketika terjadi kecelakaan.


Di Indonesia, MINI 3-Door ditawarkan dengan tiga pilihan. Yaitu MINI Cooper seharga Rp 805 juta, MINI Cooper S seharga Rp 980 juta dan MINI John Cooper Works seharga Rp 1,14 miliar.


MINI Cooper 3-Door dibekali mesin bensin 1.500 cc 4 silinder dengan tenaga 136 PS dan torsi 200 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam cukup cepat, yaitu 8,1 detik dengan kecepatan tertinggi 210 km/jam.


Sementara MINI Cooper S punya mesin lebih besar, yaitu 2.000 cc 4 silinder bertenaga 192 PS dengan torsi maksimal 280 Nm. Dengan mesin lebih besar, akselerasi MINI Cooper S lebih cepat, yaitu 6,7 detik dengan kecepatan maksimal 235 km/jam.


MINI John Cooper Works lebih bertenaga lagi. Dengan mesin 2.000 cc bertenaga 231 PS dengan torsi 320 Nm, MINI John Cooper Works mampu melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam dalam 6,1 detik sebelum mencapai kecepatan tertinggi 246 km/jam. (dw/*)