Peran Besar Pers dan Media dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Peran Besar Pers dan Media dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Wednesday, 9 February 2022

dok. istimewa/ Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri , (9/2).


Jakarta - Pers memiliki andil sangat besar dalam mengurai berbagai permasalahan aktual yang relevan dengan kepentingan publik, juga dalam kondisi terkini saat dunia masih berkutat dengan pandemi. Tak hanya berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi, wartawan atau masyarakat pers juga juga mengambil peran dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.


Pendapat ini dikemukakan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam sambutannya secara daring, dalam Seminar Nasional yang menjadi bagian dari peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Selasa (8/2).  Apresiasi yang disampaikan Firli bagi para jurnalis dan media tak sebatas pada pelaksanaan tugas pers sebagai penyampai informasi, namun juga untuk perannya bagi bangsa dan negara.


"Karena rekan-rekan telah memberikan andil besar dalam perjalanan kebangsaan kita. Tidak hanya berperan dalam distribusi informasi, tetapi rekan-rekan semua telah mengambil peran dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang dimandatkan UUD 1945," tegas Firli.


Sejalan dengan tema Seminar Nasional, Firli juga mengingatkan adanya empat peran yang dapat dilakukan anak bangsa. Mewujudkan tujuan negara, menjamin keselamatan masyarakat, mengedepankan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia serta menjamin keberlangsungan program pembangunan nasional, hanya dapat terlaksana jika korupsi diberantas.


"Tujuan negara tersebut bisa gagal bila korupsi terjadi di mana-mana. Baik di Pemerintah Pusat, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Provinsi, Kabupaten dan Kota, kalau terjadi korupsi tujuan negara sulit diwujudkan," Firli mengingatkan.


Bertema ”Akselerasi Perekonomian Daerah untuk Memacu Pemulihan Ekonomi Nasional Pascapandemi Covid-19”, Seminar Nasional yang digelar secara hybrid ini juga menghadirkan Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri serta Menteri PPN/Bappenas sebagai pembicara. Seminar serta puncak peringatan HPN tanggal 9 Februari 2022 digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara yang juga akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.


Selamat Hari Pers Nasional, mari terus kawal pemberantasan korupsi dan mencerdaskan bangsa melalui kerja jurnalistik dan media. (dw/*)