Presiden Jokowi ekspor mobil ke Australia, Nicho Silalahi tanya mobil ESEMKA,.. -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Presiden Jokowi ekspor mobil ke Australia, Nicho Silalahi tanya mobil ESEMKA,..

Wednesday, 16 February 2022

dok. istimewa/ Nicho Silalahi: Oh ya pak kapan ESEMKA di eksport, kan teknologi ESEMKA itu super sonic hingga sampai saat ini tidak terlihat di jalanan? (16/2).


Jakarta - Baru-baru ini heboh soal Presiden Jokowi yang dikabarkan melakukan pelepasan Ekspor mobil ke Australia. Sontak ada rasa kagum tersendiri terhadap kilasan pemberitaan ini.


Publik mulai mengaitkan dengan ciri khas yang sudah melekat pada Jokowi yang sudah digembor-gemborkan pada priode pertamanya bahkan ketika dia masih menjabat sebagai Gubernur dan Wali Kota.


Ciri khas tersebut adalah Mobil Esemka, mobil yang digadang-gadang akan menjadi produk mobil nasional Indonesia.


Pemberitaan tersebut (Jokowi melakukan pelepasan Ekspor mobil) ternyata benar adanya, tetapi bukan mobil Esemka.


Jokowi diketahui melakukan pelepasan ekspor perdana produk mobil Fortuner ke Australia.


“Pandemi ini juga membuka untuk kita bisa mengambil peluang dan kesempatan yang ada, baik itu mengambil peluang pasar-pasar baru, yang peluang itu telah terbukti diambil oleh PT TMMI (Toyota Motor Manufacturing Indonesia dengan ekspor perdananya ke Australia," katanya melalui siaran pers Kementerian Perindustrian, dikutip dari kompas.com, Selasa (15/2/22).


Menanggapi heboh Jokowi melakukan pelepasan ekspor mobil ini, Nicho Silalahi seorang aktivis dan pegiat media sosial memberikan cuitan menohok.


Dalam cuitan di akun twitternya, Nicho menarasikan bahwa dirinya juga awalnya menganggap bahwa ekspor yang dimaksud adalah Mobil Esemka.


Nicho tadinya mengira produk yang diekspor adalah murni karya anak bangsa seperti Esemka.


“Kirain yang berhasil di eksport itu karya murni anak bangsa seperti ESEMKA,” cuit Nicho dalam akun Twitter pribadi sebagaimana dikutip di Jakarta, Selasa (15/2/22).


Tapi, sebagaimana yang Jokowi sebutkan di atas tadi, bahwa ini adalah produk dari Toyota.


“ga tahunya cuma Toyata dengan kata lain merk dagang dagang Jepang,” tambah Nicho dalam cuitannya.


Nicho pun kembali menyinggung soal mobil Esemka.


Dia menarasikan dengan pertanyaan yakni kapan Jokowi bisa melakukan ekspor mobil yang pernah digadang-gadang sebagai pemicu “meledaknya” dunia industri otomotif nasional.


Tidak hanya sampai di situ, Nicho pun memberi sindiran menohok dengan menyebut bahwa Mobil Esemka sampai sekarang belum kelihatan di jalan.


“Oh ya pak kapan ESEMKA di eksport, kan teknologi ESEMKA itu super sonic hingga sampai saat ini tidak terlihat di jalanan?”, tambah Nicho dalam cuitannya.


Berkaitan dengan mobil yang diekspor, Jokowi mengklaim bahwa komponen yang digunakan berasal dari dalam negeri berkjulah 75 persen.


"Yang saya senang juga bahwa kandungan lokalnya, TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sudah lebih dari 75 persen, tambah Jokowi dikutip dari Kompas.com (dw/*)