Wali Kota Depok soroti penumpukan kabel di sepanjang jalur proyek underpass Jalan Dewi Sartika -->

Breaking news

News
Loading...

Wali Kota Depok soroti penumpukan kabel di sepanjang jalur proyek underpass Jalan Dewi Sartika

Tuesday, 15 February 2022

Walikota Depok Mohammad Idris,  dok. istimewa/ Karena perizinan ini ada di provinsi. Jadi tolong kami diberikan kewenangan untuk memberikan, membatasi perizinan-perizinan untuk pemasangan kabel seperti ini, (15/2).


Depok - Wali Kota (Walkot) Depok Mohammad Idris menyoroti penumpukan kabel di sepanjang jalur proyek underpass Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. Ia menyebut kabel yang menjuntai menjadi persoalan yang mengganggu, terutama dalam hal estetika.


Idris menyebut Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sudah menindaklanjuti dengan menurunkan beberapa kabel yang menumpuk. Namun, lantaran perizinan ada di provinsi, pengawasan menjadi sulit.


"Karena perizinan ini ada di provinsi. Jadi tolong kami diberikan kewenangan untuk memberikan, membatasi perizinan-perizinan untuk pemasangan kabel seperti ini," kata Idris dalam acara groundbreaking Pembangunan Simpang Tidak Sebidang, Depok, Senin (14/2/2022).


Idris menyebut kabel yang menjuntai di sepanjang Jalan Dewi Sartika merupakan milik Telkom. Pemkot sudah berusaha memperbaiki, tetapi diakui untuk sekarang kurang pengawasan.


Idris pun meminta izin kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK), yang menjadi pimpinan Pemerintah Provinsi Jabar, untuk dapat mengurus perizinan pemasangan kabel.


"Tetapi entah bagaimana ketika COVID-19 mungkin kita kurang perhatian. Karena (sebelumnya) sudah kita turunkan secara rapi. Ini salah satu contoh pemasangan kabel yang tidak terawasi kerena perizinannya ada di provinsi," sambungnya.


Idris meminta semua pihak turut andil menyelesaikan persoalan. Pasalnya adanya kabel membuat tampilan Kota Depok jadi kurang indah dipandang.


"Tolong bantu kami untuk menyelesaikan persoalan ini. Walaupun tidak bahaya dari sisi kelistrikan, tetapi dari sisi kenyamanan dan keindahan ini kurang indah," ucap Idris.


Pantauan detikcom di lokasi, terlihat kabel saling menumpuk di sepanjang Jl Kartini hingga Jl Dewi Sartika. Tumpukan kabel diperparah mendekati palang pintu kereta api.


Warga sekitar, Wahyu (50), menyebut kondisi kabel saling menumpuk itu justru membuat Kota Depok tak terawat. "Kayak amburadul nggak beraturan mestinya dirapikan. Ini sudah lama lebih dari lima tahun," kata Wahyu di lokasi. (dw/*)