Banjir telah surut, para relawan dan aparat gabungan bersihkan ikon Banten -->

Breaking news

News
Loading...

Banjir telah surut, para relawan dan aparat gabungan bersihkan ikon Banten

Thursday, 3 March 2022

dok. istimewa/ Ada puluhan orang dari berbagai unsur yang membantu membersihkan kawasan ini, (3/3).


Serang - Relawan, TNI, Basarnas, hingga BPBD bergotong royong membersihkan Masjid Agung Banten di kawasan Banten Lama, Kasemen, Kota Serang, dari sisa-sisa lumpur imbas banjir. Relawan mengaku terpanggil untuk membersihkan ikon Banten itu.


Saat banjir masuk ke wilayah Banten Lama, air di lokasi ini setinggi lebih dari 1 meter. Petugas pemkot, relawan, dan tenaga kebersihan bergotong royong membersihkan halaman masjid.


"Ini ikon Banten, kita terpanggil," kata relawan bernama Taufik, Kamis (3/2/2022).


Warga Banten melihat banjir yang melanda Kota Serang, katanya, terpanggil untuk melakukan gotong-royong. Banjir pada Selasa (1/3) lalu jadi pertama dan terparah di Kota Serang.


Di yang tempat sama, Kadis Perkim Banten M Rachmat Rogianto mengatakan banjir di kawasan Banten Lama sejak Rabu (2/3) malam sudah surut. Air di kanal yang mengelilingi kawasan ini juga semakin turun.


"Dari tadi malam kita menyedot air, dipindahkan ke kanal, kanalnya juga sudah turun. Hari ini relawan membersihkan Banten Lama," tambahnya.


Ada puluhan orang dari berbagai unsur yang membantu membersihkan kawasan ini. Meski banjir merendam masjid dan beberapa makam, tidak ada laporan kerusakan.


Para peziarah yang hendak berkunjung ke Banten Lama juga dalam waktu dekat juga sudah bisa datang. Hanya, ada beberapa titik yang harus dibersihkan agar pengunjung nyaman.


"Makam tempat ziarah sudah bersih. Kita tidak menemukan kerusakan. Kalau ada, langsung diperbaiki," paparnya. (dw/*)