Kapolda Sumut Copot Kasat Narkoba Polres Binjai -->

Breaking news

Live
Loading...

Kapolda Sumut Copot Kasat Narkoba Polres Binjai

Wednesday 20 April 2022

dok. istimewa/ Memang betul beberapa waktu lalu ada yang sempat viral di media sosial tangkapan CCTV salah satu warnet. Jadi itu sebagai wujud pertanggungjawaban seorang pimpinan, (20/4/2022).


Binjai - Kapolda Sumut mencopot Kasat Narkoba Polres Binjai, AKP Firman Imanuel Perangin Angin. Pencopotan itu dilakukan lantaran AKP Firman dinilai lemah mengawasi anggotanya setelah viral video dengan narasi polisi menjebak warga yang ditangkap kasus narkoba di Binjai.


"Memang betul beberapa waktu lalu ada yang sempat viral di media sosial tangkapan CCTV salah satu warnet. Jadi itu sebagai wujud pertanggungjawaban seorang pimpinan," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Selasa (19/4/2022).


Firman dinilai harus bertanggung jawab atas lemahnya pengawasan. Hadi menjelaskan anggota dari Satresnarkoba Binjai juga sedang diperiksa dalam kasus ini.


"Kasatnya harus bertanggungjawab, karena lemahnya pengawasan terhadap anggota, sehingga anggota melakukan hal-hal yang seperti itu. Sebelumnya anggota sudah diperiksa dan pendalaman lebih lanjut terkait itu juga saat ini kasatnya sedang dimintai keterangan," sebut Hadi.


Kasus ini berawal dari adanya video viral dengan narasi polisi menjebak warga yang ditangkap narkoba di Binjai pada Maret 2022. Dalam video yang beredar, terlihat peristiwa itu terjadi di salah satu warung internet (warnet) di Kota Binjai.


Dalam video itu, seorang pria yang datang ke warnet lalu memberikan bungkusan yang disebut narkoba kepada pria yang berada di warnet. Tidak lama berselang, polisi datang dan menangkap pria yang menerima bungkusan, tetapi yang memberi dibiarkan pergi.


Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting mengatakan pria yang ditangkap itu sudah pernah terlibat kasus narkoba. Sementara pria yang memberi barang dalam video itu, dalam pengejaran pihak kepolisian.


"CCTV yang beredar mengenai sosok yang memberikan narkoba kepada tersangka akan kami dalami kembali. Apabila betul orang tersebut yang menyerahkan narkoba akan kami cari dan tangkap. Sementara ini kita kumpulkan keterangan dan bukti-buktinya," kata Ferio, Senin (21/3).

(dw/*)