WhatsApp disadap? Cegah dengan cara ini,.. -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

WhatsApp disadap? Cegah dengan cara ini,..

Sunday, 24 April 2022

dok. ilustrasi, istimewa/ WhatsApp menjadi incaran para penjahat cyber untuk mencuri informasi, (24/4/2022).


Jakarta- WhatsApp tidak sekadar digunakan untuk mengirim pesan. Lebih dari itu, aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan di dunia ini dipakai untuk berbagi informasi.


Karena itu pula, WhatsApp menjadi incaran para penjahat cyber untuk mencuri informasi. Salah satu metode yang dilakukan dengan menyadap WhatsApp orang yang ditargetkan.


Untungnya sebagai pengguna kita bisa mengetahui ciri WhatsApp tengah disadap. Namun tak kalah mencegah agar tidak disadap, berikut ini caranya:


Ciri WhatsApp Disadap


1. Menerima SMS Kode OTP

Jika akun kamu tiba-tiba logout sendiri, kemudian menerima SMS kode OTP, patutnya mencurigai WhatsApp tengah disadap. Seseorang mungkin tengah mengakses akun kamu di perangkat lain.

Agar orang tersebut bisa masuk ke dalam akun, mereka harus mengisikan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS ke nomor yang dimasukkan saat login.

Karena itu jangan memberikan kode OTP yang diterima kepada siapapun, termasuk orang dekat. Karena terkadang hacker punya banyak cara licik untuk mendapatkan kode tersebut. Biasanya modusnya adalah mengirimkan pesan, berpura-pura salah kirim kode dan minta dikirim balik kodenya.

2. Pesan Terbaca

Jika WhatsApp sedang disadap adalah pesan telah terbaca padahal kamu tidak merasa telah membuka ataupun membacanya. Tanda lain kalau WhatsApp disadap kamu menemukan pesan yang dikirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan kita.

3. Dapat Notifikasi Aneh

WhatsApp tak bisa digunakan pada dua ponsel bersamaan. Begitu nomor yang sama login di perangkat lain, maka akun WhatsApp satunya akan terlogout dengan sendirinya.

Kemudian akan muncul notifikasi aneh, "Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda."

Bilamana tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, baiknya langsung tekan verifikasi agar akun Whatsapp tidak berpindah ke ponsel lain.

4. Cek Perangkat WhatsApp Web.

WhatsApp Web sudah bisa dipakai di empat perangkat berbeda. Karenanya wajib melakukan pemantauan pada WhatsApp Web dengan membuka titik tiga di pojok kanan, pilih 'WhatsApp Web'.


Di sini akan terlihat di mana saja akun WA terkoneksi. Kalau menemukan perangkat yang tidak dikenali, terkoneksi dengan WhatsApp Anda, itu artinya disadap. Remove langsung perangkat yang tidak dikenali seumpama menemukannya.


Cara Mencegah WhatsApp Disadap

1. Jaga Kode OTP

Ingat! jangan membagikan kode OTP seandainya kamu menerimanya. Kode OTP WhatsApp biasanya berisikan enam angka yang perlu dimasukkan ketika kita login sebagai bentuk verifikasi.

Pihak WhatsApp mengirimkan OTP melalui SMS. Karena bersifat sangat rahasia tidak boleh diberitahukan oleh siapapun begitu menerimanya.

2. Two-Step verification

Langkah untuk mengamankan akun WA agar tidak disadap oleh orang lain yang tidak diinginkan adalah dengan verifikasi dua langkah yang harus dilakukan.


Caranya mengaktifkan verifikasi dua langkah sebagai berikut:

Klik opsi titik tiga di kanan atas

'Setting > Account > Two Step Verification

• Klik Enable

• Masukkan enam kode rahasia yang anda pilih

• Masukkan email untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa.

Ada baiknya mengaktifkan pemindai sidik jari. Sehingga tidak semua orang bisa mengakses akun WhatsApp kamu, caranya sebagai berikut:

• Klik opsi titik tiga di kanan atas

• Klik Privasi

• Klik kunci sidik jari

• Aktifkan

Pengguna akan diminta untuk merekam sidik jari mereka
WhatsApp meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit. (dw/*)