Berwisata kaya tradisi dan budaya di kampung adat Miduana -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Berwisata kaya tradisi dan budaya di kampung adat Miduana

Sunday, 10 July 2022

dok. istimewa/Lokasi kampung adat ini memang jauh dari perkotaan Cianjur, tepatnya berada di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, (10/7).


Cianjur - Kampung Adat Miduana menjadi kampung wisata yang kaya dengan tradisi dan budaya. Tak hanya itu, kampung yang berada di pelosok Cianjur, Jawa Barat ini juga menyimpan pemandangan alam yang mempesona bak surga dunia.


Lokasi kampung adat ini memang jauh dari perkotaan Cianjur, tepatnya berada di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul.


Ada dua akses jalan yang bisa dilalui untuk tiba di kampung adat ini, yakni melalui jalur selatan dengan jarak 172 kilometer atau melalui Kabupaten Bandung yang jaraknya lebih dekat yakni sekitar 122 kilometer dari pusat kota.


Meski jarak lebih jauh jalur Cianjur selatan menyuguhkan pemandangan alam yang indah selama perjalanan, terutama saat melintasi Sindangbarang hingga Cidaun, puluhan kilometer bentangan laut memanjakan mata dengan desiran ombak yang menari-nari.


Memasuki Kecamatan Naringgul, kita juga bisa menikmati pemandangan pegunungan dengan beberapa air terjun yang membuatnya nampak sangat indah.


Sementara itu jika memilih jalur Kabupaten Bandung, kita bisa menikmati pemandangan hamparan kebun teh yang luas nan indah di kawasan Ciwidey.


Air terjun yang tingginya sekitar 15 meter di pintu masuk menuju Naringgul pun akan terlintasi. Namun kita harus berhati-hati, karena tebing di sekitar air terjun yang berlokasi di pinggir jalan itu rawan longsor.


Sebelum tiba di Kampung Adat Miduana, kita bisa beristirahat sejenak di Camping Ground. Pemandangan di lokasi itu tentu sangat indah, bahkan dari ketinggian kita bisa melihat jelas hamparan lahan persawahan dan perbukitan yang indah.


"Yang bawa mobil hanya sampai camping ground, kita siapkan spot foto juga dengan latar belakang pemandangan yang indah," ucap Dewan Adat Kampung Mudiana, Rustiman, Selasa (5/7/2022).


Ya untuk sampai ke Kampung Adat Miduana memang tidak bisa menggunakan mobil. Kita bisa menuju ke Kampung adat dengan berjalan kaki selama 1,5 jam atau mengendarai sepeda motor yang hanya menghabiskan waktu 30 menit.


Biasanya wisatawan akan menyewa ojek ke warga setempat dengan ongkos hanya Rp 50 ribu. Medan yang terjal membuat tidak sembarang orang bisa mengendarai motor untuk tiba ke kampung tersebut.


Meski jauh dan terjal, kita juga akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan asri selama pejalanan hingga ke kampung adat.


Begitu tiba, kita akan disuguhkan perkampungan dengan bangunan yang masih tradisional. Selain itu masyarakatnya pun masih menunjung adat dan tradisi yang diwariskan secara turun temurun.


Pemandangan alam dari kampung itu juga tidak kalah indah, sehingga banyak yang menganggapnya surga di pelosok Cianjur selatan.


"Semua kita rawat, mulai dari alam dan kebudayaan. Makanya kampung adat ini memang indah, baik dari pemandangan alamnya ataupun adat istiadatnya," ungkap dia. (dw/*)