Pagi-pagi berenang di pantai Legokjawa, Pangandaran 8 wisatawan terseret ombak -->

Breaking news

Live

Baca Kami di Helo

Pagi-pagi berenang di pantai Legokjawa, Pangandaran 8 wisatawan terseret ombak

Thursday, 7 July 2022

dok. ilustrasi, istimewa/ Setelah proses evakuasi selesai, tiga wisatawan dinyatakan meninggal dunia dan 4 orang selamat. Adapun, satu orang lainnya belum ditemukan, (7/7).


Pangandaran - Pada Kamis (7/7/2022) dilaporkan terjadi musibah di Pantai Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Sebanyak 8 wisatawan yang berenang di pantai hanyut terseret arus.


Setelah proses evakuasi selesai, tiga wisatawan dinyatakan meninggal dunia dan 4 orang selamat. Adapun, satu orang lainnya belum ditemukan.


Menurut penuturan salah seorang nelayan Legokjawa Uhan Ruhandi (50), delapan wisatawan tersebut berenang sekitar pukul 07.00 pagi. Menurut informasi, mereka datang ke Legokjawa untuk mengunjungi kerabat mereka.


Ia menuturkan bahwa kedelapan wisatawan berenang tanpa pengawasan. Masyarakat setempat juga tidak mengetahui. Sehingga tidak ada yang memberi tahu mereka bahwa tidak diperbolehkan berenang karena gelombang sedang tinggi.


"Mereka berenang berbarengan tanpa adanya pengawasan orang tua. Dan tidak diketahui warga setempat bahwa berenang di pantai terlarang untuk berenang karena gelombang tinggi," kata Uhan.


Berdasarkan informasi dari tim SAR Pangandaran, tiga orang yang meninggal dunia adalah Rangga Julhijah (14), Nizma Sabilla (14) dan Salfa Febrianti Bintang (14). Sedangkan satu korban yang masih dalam pencarian adalah Sahrul (13). Keempat korban berasal dari Desa Ciherang, Cibeureum, Kota Tasikmalaya.


Menurut penjelasan Uhan, kedelapan wisatawan berenang sangat dekat dari bibir pantai. Mereka berenang sambil berpegangan.


Tim SAR yang terlibat evakuasi dan pencarian di antaranya yaitu Unit Siaga SAR Pangandaran, Satpolair Polres Pangandaran, Koramil Pangandaran, SAR Muara Gata, SAR MTA, FKDM Legok Jawa, SAR HNSI Legok Jawa, Satpol PP dan BPBD Pangandaran.


Pada pukul 10.05 WIB Tim Rescue Unit Siaga SAR Pangandaran tiba di lokasi kejadian. Tim Rescue langsung berkoordinasi dengan tim SAR di lapangan.


Pencarian satu orang hilang masih akan terus berlanjut. Titik pencarian dilanjutkan di sekitar LKP sejauh 1 KM. (dw/*)