HUT RI ke 77 BI keluarkan 7 uang kertas baru -->

Breaking news

Live
Loading...

Baca Kami di Helo

HUT RI ke 77 BI keluarkan 7 uang kertas baru

Friday, 19 August 2022

dok. istimewa/ Ada tiga aspek pertama penguatan desain agar semakin mudah dikenali, kedua penguatan unsur pengaman agar semakin sulit dipalsukan, dan penguatan bahan uang, (19/8).


Jakarta - Pemerintah melalui Bank Indonesia resmi mengeluarkan 7 uang baru 2022 bertepatan dengan HUT ke-77 RI. Bank Indonesia menyebut ada sejumlah pembaruan dari aspek desain, kualitas, hingga pengamanan.


Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengungkap ada tiga aspek pertama penguatan desain agar semakin mudah dikenali, kedua penguatan unsur pengaman agar semakin sulit dipalsukan, dan penguatan bahan uang.


Berkaitan dengan teknologi anti dipalsukan pada uang baru 2022, Marlison menjelaskan, uang kertas yang baru kali ini memiliki miliki benang pengaman yang baru yang bernama microlenses. Benang pengaman itu diklaim merupakan teknologi paling tinggi, baru dan terbaik yang pernah dipakai pada uang pecahan Rp 75.000.


"Aspek security ini, isunya bahwa pemalsuan banyak terjadi pada mata uang besar seperti Rp 50.000 dan Rp 100.000. Karena kami mengidentifikasi tanda kutip ada unsur security yang menyerupai, maka kami mengganti benang pengaman kita. Karena benang pengaman kita sebelumnya sudah 20 tahun," katanya dalam Taklimat Media secara virtual, Kamis (18/8/2022).


Meski 7 pecahan uang baru saat ini telah menggunakan benang pengaman yang diklaim merupakan teknologi paling tinggi seperti yang pernah dipakai pada uang pecahan Rp 75.000, namun kenapa pemerintah dan BI tidak lagi mencetak uang pecahan Rp 75.000? Padahal ke-7 pecahan uang baru ini dicetak dengan teknologi yang sama dengan uang pecahan Rp 75.000.


Diketahui bahwa, berbeda dengan uang pecahan pada umumnya (Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2000, dan Rp 1000), uang pecahan Rp 75.000 merupakan uang yang dicetak secara khusus untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia (UPK) yang ke-75.


Artinya uang khusus ini memang hanya diterbitkan satu kali dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 75 tahun. Adapun uang pecahan ini hanya dicetak dalam jumlah terbatas, yakni 75 juta lembar.


Tentu saja uang pecahan khusus ini bukan pertama kali diterbitkan. Sebelumnya BI juga menerbitkan uang pecahan khusus setiap 25 tahun sekali untuk memperingati hari kemerdekaan.


Uang yang dicetak menggunakan teknologi pengaman terbaru ini memiliki filosofi mensyukuri dan memperteguh kemerdekaan dan menyongsong masa depan gemilang.


Apalagi dengan ditampilkannya peristiwa bersejarah seperti proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 oleh Soekarno dan Mohammad Hatta serta pencapaian pembangunan menggambarkan wujud mensyukuri kemerdekaan.


Di sisi uang tersebut ditampilkan pencapaian pembangunan Jembatan Youtefa Papua, MRT, dan tol Trans Jawa. Selain itu, uang pecahan khusus ini juga menampilkan gambar anak Indonesia yang menggunakan pakaian adat dari berbagai suku.


Motif kain nusantara yang digunakan mencerminkan semangat untuk menguatkan kebhinekaan. Satelit Merah Putih juga menjadi simbol jembatan komunikasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sementara peta Indonesia Emas juga melambangkan peran strategis dalam kancah global. (dw/*)